Gaya Urban

Teknik Aikido

Ahad, 29 October 2017 03:01 WIB Penulis: M-3

MI/Arya Manggala

Teknik kuncian jujutsu gaya Sokaku Takeda:

Gerakan menangkap pergelangan tangan lawan yang kemudian diarahkan ke bawah atau ke atas dengan cara diputar. Pada posisi ini, bagian tangan terkuat akan menangkap tangan lawan, lalu bagian tangan lainnya akan memegang bagian lengan lawan untuk menjadi tumpuan dalam melakukan gerakan kucian.

Teknik bantingan judo Kodokan Jigoro Kano: Teknik ini adalah lanjutan dari teknik kuncian. Setelah posisi tangan berhasil mengunci lawan, aikido-ka tinggal mengikuti arah putaran untuk melakukan bantingan. Bisa juga dibantu dengan tendangan ke kaki lawan untuk memaksimalkan bantingan.

Teknik Pedang (Kenjutsu): Serangan pisau terdiri dari tiga faktor, yakni ujung tajam dan sisi tajam pisau disertai arah tusukan. Gerakan untuk melawan adalah dengan melumpuhkan anggota tubuh penyerang berupa tangan dan lengan. Dengan melumpuhkan tangan dan lengan melalui teknik kuncian tertentu, dengan sendirinya pisau menjadi barang yang tidak membahayakan.

Teknik Toya (Yarijutsu): Toya atau tongkat cenderung digunakan untuk memukul dengan gerakan sabetan karena sabetan dilakukan dengan arah ke samping membentuk lintasan kurva melingkar. Maka, teknik untuk menangkap serangan ialah dengan berpadu mengikuti lintasan kibasan tongkat, kemudian meneruskan dengan gerakan sirkuler menjadi teknik lemparan. Cara ini selain efektif, juga mengurangi risiko tubrukkan antara tubuh pembela diri dan tongkat.

Komentar