Nusantara

Tiga Kabupaten di Kalteng Dilanda Banjir

Rabu, 15 November 2017 01:45 WIB Penulis:

MI/SURYA SRIYANTI

TINGGINYA curah hujan menyebabkan ratusan rumah penduduk yang berada di pinggiran Sungai Barito dan Rungan, Kalimantan Tengah, terendam banjir sejak Minggu (12/11). Ratusan rumah warga yang terendam dengan ketinggian air 30-100 cm itu berada di tiga kabupaten, yakni Kabupaten Gunung Mas, Barito Selatan, dan Barito Utara. Data Badan Penanggulangan Bencana dan Pe­madam Kebakaran (BPBPK) Kalimantan Tengah menyebutkan luapan Sungai Rungan di Kabupaten Gunung Mas mengakibatkan tiga desa di dua kecamatan terendam banjir, yakni Desa Tumbang Langgah dan Tumbang Kuayan di Kecamatan Rungan Barat, dan Desa Tumbang Malahoi di Kecamatan Rungan.

Menurut Plt Kepala BPBPK Kalteng Darliansyah, sebanyak 70 kepala keluarga di Desa Tumbang Langgah, 70 KK di Tumbang Kuayan, dan 78 KK di Kabupaten Gunung Mas, serta 144 KK atau 497 jiwa di Desa Tumbang Malahoi, Kecamatan Ruang Barat, terkena dampak banjir. Cuaca ekstrem seperti sekarang ini juga patut diwaspadai dunia penerbangan. Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Juanda, Ahmad Rofiul Huda, mengatakan cuaca ekstrem seperti sekarang ini bisa berdampak pada terjadinya sirkulasi angin tertutup di wilayah utara Jawa Timur. Sirkulasi udara tertutup itu merupakan awal terbentuknya awan kumulonimbus (CB) yang menjadi momok bagi pilot. “Awan CB ini selalu dihindari pilot. Sirkulasi angin tertutup ini tidak hanya di Jawa Timur. Ini akan bergerak terus hingga dua hari ke depan ke utara Jawa. Penerbangan rute Sulawesi, Sumatra dan Bali harus waspada,” ujarnya.

Selain banjir, tanah longsor terjadi di sejumlah wilayah Jawa Tengah dan Kalimantan Selatan. Hujan deras mengakibatkan sejumlah kecamat­an di Cilacap dilanda banjir dan longsor. Kemudian di Kudus, 50 hektare sawah te­rendam banjir. Tanah longsor juga menyebabkan asrama Sekolah Tinggi Teoligia Sangkala Semarang tertimbun tanah dan sebabkan satu mahasiswi tewas dan dua orang terluka. (SS/HS/DY/LD/AS/AD/N-3)

Komentar