Polkam dan HAM

Tim 9 Sepakati Pendamping Khofi fah

Rabu, 15 November 2017 08:31 WIB Penulis: FL/P-3

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

TEKA-TEKI mengenai siapa yang bakal menjadi pendamping Khofifah Indarparawansa dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur segera terjawab. Menurut rencana, bakal cawagub yang mendampingi bakal cagub Khofifah akan diumumkan minggu ini. Kepastian itu disampaikan Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo menjawab pertanyaan wartawan di Surabaya, kemarin.

Menurut Soekarwo, figur yang akan berpasangan dengan Khofifah sudah mendapat restu dari tim sembilan yang selama ini bertugas menggodok sejumlah nama bakal cawagub. Namun, Soekarwo menolak untuk menyebut nama figur yang telah disetujui itu. "Jangan tanya nama, minggu ini akan diketahui siapa pendampingi Bu Khofifah," elaknya.

Mengenai nama Emil Dardak (Bupati Trenggalek) dan Ipong Muchlissoni (Bupati Ponorogo) yang selama ini masuk bursa pendamping Khofifah, Soekar-wo enggan menjelaskannya. "Semuanya ada di Jakarta," ucapnya diplomatis.

Sebelumnya, Khofifah mengakui adanya dua nama yang akan mendampinginya. Namun, ia belum berani mengungkapkan ke publik. "Saya tidak punya hak untuk mengumumkan dua nama itu," kata Khofifah di Malang, Ahad (12/11).

Menurutnya, nama-nama yang akan mendampinginya masih terus dikomunikasikan dengan partai pengusung. Dia belum bisa menyatakan kepada publik sebelum ada kesepakatan di internal partai.

Sementara itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku telah bertemu Khofifah untuk penjajakan kerja sama di Jatim. Namun, ia belum bisa memutuskan arah dukungan PAN, Gerindra, dan PKS.

"Saya tidak bisa mengambil keputusan sendiri sebelum berunding dengan kawan-kawan (koalisi)," katanya, Senin (13/11).

Menurut dia, ada dua opsi dari koalisi tiga partai itu, yakni mendukung pasangan Khofifah atau memunculkan calon alternatif baru selain Khofifah dan Saifullah Yusuf.

Komentar