Hiburan

Garap Film Sultan Agung, Hanung Bramantya Ziarah ke Imogiri

Rabu, 15 November 2017 17:35 WIB Penulis: Agus Utantoro

ANTARA

SETELAH sukses menggarap film bioskop bertemakan pahlawan, Soekarno dan Kartini, sutradara kondang, Hanung Bramantyo kini mempersiapkan pembuatan film yang juga bertemakan pahlawan. Kali ini, Hanung Bramantyo akan membuat kisah perjuangan Raja Mataram, Sultan Agung.

Pengambilan gambar film berjudul Sultan Agung ini, rencananya akan dilakukan pada Januari 2018 mendatang. Aryo Bayu akan berperan sebagai Sultan Agung, sedangkan isteri Sultan Agung Kangjeng Ratu Batang akan diperankan oleh Anindya Kusuma Puteri.

Sebagai persiapan, Sutradara Hanung Bramantyo serta Executive Producer Mooryati Soedibyo bersama pemeran lainnya, Rabu (15/11) berziarah ke makam Sultan Agung di kompleks makam raja-raja Mataram di Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tidak hanya berziarah pemain film Sultan dan tim juga melakukan doa tahlil di pendopo makam Sultan Agung yang dipimpin oleh salah satu abdi dalem Keraton Yogyakarta.

"Ya rasanya lega dan semacam ada tambahan semangat untuk memerankan Kanjeng Ratu Batang," kata Anindya Kusuma Putri usai ziarah dan doa tahlil.

Berziarah ke makam Sultan Agung kata Anin sebutan akrab Anindya Kusuma Putri ini baru yang pertamakalinya seumur hidup melakukan ziarah ke makam Raja Mataram yang juga sosok pahlawan pejuang kemerdekaan.

"Saya tidak nyangka kalau tempatnya sebegitu luas dan banyak anak tangganya," ucapnya.

Sementara itu Executif Produser Film Sultan Agung Mooryati Soedibyo mengatakam sengaja berziarah ke makam Sultan Agung sebagai tanda penghormatan kepada sosok pahlawan bangsa.

"Harapan saya semoga pembuatan film Sultan Agung ini diberi kelancaran dan kesuksesan," ucapnya.

Dalam fim ini, kata Hanung, tidak hanya pertempuran saja yang akan difilmkan namun kehidupan sehari-hari sosok Sultan Agung yang dahulu keratonnya berada di wilayah Pleret, Kabupaten Bantul juga akan ditampilkan termasuk romantika cintanya Sultan Agung waktu muda dengan gadis cantik bernama Lembatung yang diperankan oleh Adinia Wirasti juga akan menghiasi jalan cerita film Sultan Agung sebelum akhirnya menikah dengan Kangjeng Ratu Batang.

Suami dari Zaskia Adya Mecca ini mengatakan persiapan pembuatan film sudah dilakukan sejak dua tiga bulan lalu mulai dari pembuatan skenario film, casting calon pemain dan sudah mendapat aktor utamanya yaitu Ario Bayu dan Anindya Kusuma putri yang merupakan Puteri Indonesia 2014.

"Satu bulan ini hingga Desember kita sedang membangun bangunan seperti keraton dan bangunan lain untuk kepentingan pengambilan gambar dan nantinya lokasi berada di Kabupaten Kulonprogo. Jadi lokasi pengambilan gambar terbanyak di Yogyakarta," tuturnya.

Ia berharap Maret 2018 pengambilan gambar selesai dan tinggal proses editing dan lain-lainnya dan siap diputar di gedung bioskop.

Lebih jauh Hanung mengatakan karena filmnya adalah kolosal maka nanti yang terlibat lebih dari 500 orang seperti saat penyerbuan ke Batavia termasuk melibatkan kuda dan juga gajah.

"Beruntung dengan adanya teknologi kloning kita bisa memperbanyak pemain hingga berlipat-lipat tanpa menambah jumlah pemainnya. Saya membaca saat penyerbuan ke Batavia, Sultan Agung membawa tak kurang 14 ribu prajurit," katanya.

Sementara itu Executive Producer Film Sultan Agung Mooryati Soedibyo ketika ditanya biaya yang harus dikeluarkan untuk memproduksi film Sultan Agung hanya menjawab dengan senyum. (OL-6)

Komentar