Gaya Urban

Kiat Memacu Tamiya

Ahad, 19 November 2017 01:46 WIB Penulis: Rio/M-3

MI/Ramdani

1. Tentukan tipe mobil yang tepat: Agar dapat melalui lintasan dengan cepat dan stabil, kemampuan mengatur teknis mobil sangat diperlukan. Jika lintasan lebih banyak jalur lurus, setelan kecepatan dapat dimaksimalkan. Namun, jika lintasan ddidominasi belokan, prioritaskan menjaga kestabilan mobil.

2. Dinamo: Kecepatan Tamiya ditentukan dengan tipe dinamo yang digunakan. Ada beberapa macam dinamo, yaitu sedang, cepat, dan sangat cepat. Semakin cepat dinamo, semakin besar juga daya baterai yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya. Jika menggunakan dinamo supercepat, secara otomatis energi dari baterai juga akan lebih cepat terkuras. Selain itu, jika menggunakan baterai dengan ampere kecil untuk dinamo supercepat, kecepatannya tidak akan maksimal.

3. Baterai: Dalam sebuah pertandingan Tamiya, penggunaan baterai menjadi salah satu kunci kemenangan. Beberapa pertandingan ada memberlakukan jumlah penggunaan baterai yang terbatas. Hal ini menjadi penting karena jangan sampai daya baterai habis sebelum pertandingan selesai. Pembatasan baterai ini menjadi strategi tersendiri bagi para pembalap, jangan sampai daya habis sebelum pertandingan usai.

4. Ban: Ada dua jenis ban yang biasa digunakan, yaitu karet dan busa. Ban karet memiliki keunggulan lebih awet, tetapi kekurangannya lebih berat dan mudah selip pada lintasan yang lembap. Ban busa memiliki keunggulan lebih ringan, mencengkeram lintasan sehingga lebih efektif. Ban busa juga lebih mudah menyesuaikan dengan kelembapan lintasan karena sifatnya yang mudah menyerap air. Kekurangan ban busa ialah pada Tamiya berkecepatan tinggi, gesekan ban dengan lintasan dapat membuat ban jenis ini mudah rusak.

5. Roller: Ukuran roller sebaiknya sesuai dengan ukuran lintasan, atau setidaknya jeda antara pinggiran lintasan dan roller sangat sedikit. Dengan begitu, benturan dapat diminimalkan. Untuk memungkinkan hal itu terjadi, pembalap dapat mengakalinya dengan menggunakan ukuran roller yang lebih besar atau dengan menggunakan bumper (depan) dan akar (belakang) yang lebih lebar.

Komentar