Hiburan

Konser Supergroup Band untuk Guru

Ahad, 26 November 2017 00:31 WIB Penulis: X-7

MI/ABDILLAH MARZUQI

“DUNIA ini panggung sandiwara...,” begitu Ahmad Albar menyanyikan sebaris lirik lagunya saat menyapa para penggemarnya. Ketika Ahmad Albar tampil dengan lagu Panggung Sandiwara, setiap yang hadir dapat dipastikan kenal lirik lagu itu.

Suara sang vokalis tak dibiarkan sendiri. Setiap personel God Bless tak diam dengan alat musik masing-masing. Sebait lirik lagu itu pun disambut kor dari para yang rindu sentuhan musik God Bless.

Itulah sekilas gambaran kemeriahan konser Supergroup Live in Concert yang diadakan di Plenary Hall, Jakarta Convention Center Jakarta, Selasa (21/11).

“Selamat malam pencinta musik Indonesia. Jarang sekali God Bless berkesempatan bermain di Balai Sidang. Biasanya di Stadion,” kata Ahmad Albar menyapa penggemarnya setelah membawakan beberapa lagu.

God Bless terbentuk sejak 1973 dan melahirkan enam album. Selain Panggung Sandiwara, legendaris rock band Indonesia itu juga membawakan lagu Musisi, Blablabla, Menjilat Matahari, Cermin, Bis Kota, dan Kehidupan.

Konser tersebut membingkai beberapa grup musik lain yang tetap memberikan pengaruh. Terdapat lima supergroup Tanah Air yang tampil dalam konser itu, yakni grup band terbaik dari berbagai genre utama seperti rock, fusion jazz, dan pop. Band yang tampil itu merupakan hasil pilihan polling suara netizen.

Mereka dianggap memenuhi kriteria, seperti rekam jejak, jam terbang lebih dari 20 tahun, masih berkarya hingga saat ini, personelnya sekelas maestro musik, musikalitasnya solid, manajemen, jumlah fans, mengelola sosial media, dan jumlah album serta lagu hitsnya.

Dari situlah terpilih nama God Bless, Krakatau, Kahitna, Gigi, serta Sheila on 7. Berikutnya band beraliran pop rock Gigi yang sejak 1994 meramaikan kancah musik Indonesia dengan lebih dari 20 album. Lagu-lagunya sukses digemari beragam usia.

Selain itu, terdapat salah satu pioneer fusion jazz di Indonesia, Krakatau yang dibentuk pada 1984 di Bandung. Krakatau kini digawangi Dwiki Dharmawan, Indra Lesmana, Gilang Ramadhan, Donny Suhendra, Pra Budi Dharma, dan Tri Utami. Semua personelnya sudah menjadi pemusik kelas internasional dengan segudang prestasi. Mereka telah menelurkan sekitar 10 album.

Masih ada mama Kahitna yang lahir di 1986. Sampai saat ini, nama Kahitna masih punya kekuatan dalam peta musik tanah air. Lagu-lagunya banyak menjadi hits seperti Cantik, Mantan Terindah, Cerita Cinta, dan Rahasia Cinta.

Lalu nama Sheila On 7 yang berdiri tahun 1996. Total 10 album telah dipersembahkan Sheila On 7 yang dimotori Eross, Duta, Adam, dan Brian. Sheila On 7 tercatat telah meraih lebih dari 70 penghargaan di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Konser kolosal tersebut diinisiasi oleh XI CREATIVE The Promotor, sebuah forum kerjasama nirlaba alumni (angkatan tahun 1980,1981 & 1982) SMA XI Bulungan yang sekarang menjadi SMAN 70.

Tujuan penyelenggaraan konser itu adalah untuk mengumpulkan dana bagi guru-guru yang telah berjasa. Pentas itu diharapkan mengulang sukses yang pernah dibuat pada 2015, bertajuk LCLR Plus Concert yang berhasil mendonasikan Rp500 juta kepada 25 orang guru.

“Pada pentas 5UPERGROUP Live in Concert ini, kami berencana melakukan hal serupa. Mohon doa restu,” terang Executive Producer Kadri Mohamad.
Konser spektakuler itu juga melibatkan semua yang terbaik dari bidangnya. Tata suara, tata cahaya, tata panggung dan multimedia yang sangat mumpuni dipercayakan kepada Donny Hardono, sedangkan nama Oleg Sanchabakhtiar ditunjuk sebagai creative director. (X-7)

Komentar