Jeda

Rasionalitas di Perayaan Pernikahan

Ahad, 3 December 2017 08:15 WIB Penulis:

DOK MIQDAD ROBBANI

DI sela-sela acara pernikahan mereka, Miqdad Robbani dan Fudhla Zahida membuat aksi mengharukan. Mereka menyumbangkan seluruh buwoh (uang pemberian tamu) kepada saudara-saudara muslim Rohingya dan Palestina.

Dalam acara pernikahan yang berlangsung di Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur, pada September lalu, simbol pemberian buwoh lewat lembaga amil zakat dilakukan langsung di pelaminan.

"Memang kami sudah berniat... kami ingin berbagi kebahagiaan juga dengan saudara-saudara yang tidak diperlakukan adil di luar sana," tutur Miqdad via aplikasi teks, Selasa (28/1).

Miqdad dan istri yang telah kembali ke Kairo, Mesir, untuk melanjutkan studi di Universitas Al-Azhar Kairo mengungkapkan keluarga mendukung sikap mereka. Begitu juga dengan para tamu yang jumlahnya mencapai sekitar 1.000 orang.

Miqdad yang juga pemilik agen travel Ondewey.com tidak menyangka aksinya menjadi viral. Namun, ia berharap sikap tersebut dapat menginspirasi orang lain untuk berbagi kebahagiaan.

Acara pernikahan yang lebih dari pesta juga dilakukan Annisa Steviani dan suami. Keduanya melangsungkan resepsi di panti jompo.

Annisa yang ditemui di kantornya di Palmerah, Jakarta, menuturkan sejak awal ia dan suami tidak menginginkan pesta pernikahan besar yang memboroskan uang. Namun, keinginannya itu harus menunggu setahun hingga disetujui orangtua.

Panti jompo dipilih sebagai sarana berbagi dan dinilai belum banyak mendapat perhatian dari pasangan pengantin. Konsep pesta pernikahan itu kemudian diikuti adik dan saudaranya.

Tidak saja di kalangan rakyat biasa, baru-baru ini kita juga menyaksikan putri Presiden Joko Widodo merayakan pernikahan dalam bentuk panggung keberagaman. Acara-acara pernikahan ini dinilai sosiolog Musni Umar merupakan bentuk rasionalitas kalangan muda. Mereka kian berani menunjukkan sikap, termasuk di momen penuh tradisi. Mereka juga berani menolak kemubaziran dan mempertahankan nilai yang dianggap lebih penting. (Zuq/Wnd/M-3)

Komentar