Sepak Bola

The Reds kian Lengkapi Dominasi

Jum'at, 8 December 2017 02:17 WIB Penulis: Satria Sakti Utama

AP Photo/Rui Vieira

LIVERPOOL menandai langkah ke babak 16 besar Liga Champions Eropa musim ini dengan unjuk diri sebagai tim Inggris yang punya keunggulan dalam hal menjebol gawang lawan. Trio serang Sadio Mane, Roberto Firmino, Mohamed Salah, plus gelandang serang Philippe Coutinho membuat Liverpool menjadi klub Inggris tersubur di penyisihan. Tim asuhan Juergen Klopp itu mencetak 23 gol. Akan tetapi, Liverpool--juara Eropa lima kali--bukanlah tim paling produktif dalam batasan rekor tersebut. Paris Saint-Germain (PSG) mengungguli catatan milik Liverpool itu.

Raksasa Prancis itu masih menjadi tim paling subur di fase grup sepanjang sejarah dengan catatan 25 gol. Pencapaian Liverpool tidak lepas dari kemenangan tujuh gol tanpa balas dalam dua kali edisi pertandingan. Setelah skor itu didapatkan saat melawan Maribor pertengahan November lalu, The Reds juga sukses mencukur Spartak Moskow 7-0 di Anfield, kemarin dini hari. Di laga penentu langkah the Reds itu, Coutinho mengoleksi trigol. Eks pemain Inter Milan itu mencetak dua gol pembuka pada menit keempat dan ke-15, dan melengkapi trigol di babak kedua.

Mane menyumbang dua gol di menit ke-47 dan ke-76. Salah dan Firmino sama-sama mengoleksi satu gol. "Kami bermain terbuka dengan sempurna. Ini malam yang indah di Anfield. Semuanya sangatlah bagus," ujar Juergen Klopp.

Unjuk gigi
Di sisi lain, sepak bola Inggris tengah unjuk gigi di pentas Eropa dengan mendominasi Liga Champions Eropa musim 2017/2018. Dari lima wakil Inggris di turnamen teratas Eropa, tidak satu pun tim yang tereliminasi. Empat di antara mereka sukses memuncaki klasemen grup termasuk Liverpool yang memuncaki Grup E. Hanya juara bertahan Liga Primer Inggris Chelsea yang finis sebagai runner-up Grup C. Pencapaian itu membuat Inggris menjadi negara pertama yang memiliki lima wakil di babak knock out Liga Champions Eropa.

Performa wakil Inggris musim ini terbilang cukup mengesankan. Semisal Tottenham Hotspur yang sukses memuncaki Grup H sekaligus mengatasi perlawanan juara bertahan Real Madrid dan wakil Jerman Borussia Dortmund. Spurs--julukan Tottenham--memuncaki klasemen dengan hanya kehilangan dua poin dari enam laga. Duo Manchester melengkapi dominasi Inggris juga dengan status juara grup. City menjadi yang terbaik di Grup F dan United finis teratas di Grup A, dengan koleksi 15 poin dari lima kali menang dan sekali kalah.

Hanya, jalan terjal menanti karena ada tim-tim besar yang menempati posisi runner-up grup dan menjadi calon lawan di 16 besar, seperti Real Madrid, Juventus, dan Bayern Muenchen. Chelsea yang menjadi runner-up grup juga berpeluang jumpa PSG dan Barcelona--dua tim yang menjadi penguasa grup masing-masing. "Mungkin Anda baik hari ini, tapi saat Februari (di laga sistem gugur) Anda akan menghadapi bencana. Ini akan sulit apalagi ada tiga penantang berat (Real Madrid, Juventus, dan Bayern Muenchen)," jelas bos Manchester City Josep Guardiola. (R-1)

Komentar