Eksplorasi

Antiseptik dari Getah Pisang

Sabtu, 23 December 2017 04:35 WIB Penulis: (Antara/nationalgeographic/Grt/L-2)

DOK UNTIDAR

CAIRAN dari getah pisang ternyata bisa berfungsi menjadi antiseptik. Hasil riset sejumlah mahasiswa Universitas Tidar (Untidar) Kota Magelang, Jawa Tengah, membuktikan khasiat antiseptik pada getah pohon pisang dan pare. Ismiterra Cahya Pradani, Ketua Tim Program Kreatifitas Mahasiswa Penelitian (PKMP) Untidar, menjelaskan getah pohon pisang mengandung tanin, alkaloid, dan saponin yang berperan sebagai antiseptik dan antibakteri.

“Kandungan flavonoid pada getah pohon pisang juga berperan sebagai stimulus regenerasi sel kulit sehingga mempercepat proses pembekuan darah dan proses penyembuhan luka,” jelas Ismi. Sementara itu, pare, jenis sayur yang berasa pahit itu, mengandung antrakuinon, kuinon, dan lektin. Zat-zat ini berguna sebagai antibakteria dan antiperadangan.

Kedua tanaman itu kemudian diekstraksi menjadi cairan dan dikemas menjadi cairan semprot atau spray. Efisiensi penanganan luka dan tidak memiliki efek samping menjadi keunggulan obat herbal ini. Saat ini mereka sedang dalam proses mengajukan ijin ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Semarang agar nantinya cairan semprot ini bisa dijual ke pasaran dengan aman. (Antara/nationalgeographic/Grt/L-2)

Komentar