Teknopolis

Aplikasi Menyehatkan dengan Teknologi Big Data

Sabtu, 6 January 2018 12:40 WIB Penulis: Rizky Noor Alam

Dok. Playstore

PERUSAHAAN teknologi kesehatan karya anak negeri, Gorry Holdings, baru saja meluncurkan situs Gorry Gourmet dan aplikasi Gorry Well. Melalui Gorry Gourmet, pelanggan dapat memilih menu makanan secara daring berdasarkan tujuan kesehatan yang spesifik.

Bahkan melalui produk special needs, Gorry Gourmet dapat membuat produk yang disesuaikan dengan riwayat medis pelanggan, seperti diabetes, stroke, penyakit jantung, autisme, hipertensi, pascamelahirkan, pascaoperasi, hingga kanker.

Tidak berhenti di solusi makanan sehat, Gorry Holdings mengembangkan aplikasi dan situs Gorry Well, yang mendukung Kementerian Kesehatan dalam merekomendasikan resep makanan yang mudah dibuat sekaligus saran menu restoran untuk tujuan kesehatan yang spesifik, bahkan termasuk saran porsi makan secara otomatis.

Pendiri dan Direktur Utama Gorry Holdings William Susilo berharap konsep one stop e-wellness solutions yang mereka usung dapat menjadi ekosistem terintegrasi untuk solusi hidup sehat yang efisien dan ke depannya kian terjangkau. Gorry Holdings mengombinasikan kekuatan data, teknologi, dan pengembangan produk yang kompetitif.

William menilai edukasi tentang hidup sehat di Tanah Air sudah cukup bagus, tetapi penetrasinya masih terbilang kecil bila dibandingkan dengan negara-negara lain.

“Di sinilah peran teknologi sangat krusial. Teknologi membuat edukasi mudah diakses, yaitu melalui smartphone. Misal dengan Gorry Well, pengguna dapat mengambil foto makanan di bagian Gorry Journal, lalu diunggah ke Gorry Well untuk kami estimasi jumlah kalori dan berikan rekomendasi olahraga untuk membakarnya. Ke depannya pengembangan fitur pun akan dibuat lebih interaktif sehingga chat dengan ahli gizi menjadi lebih mudah dilakukan,” jelas William dalam keterangan resmi yang diterima Media Indonesia, Jumat (15/12).

William menambahkan aplikasi tersebut ialah pelopor teknologi kesehatan di kawasan Asia Tenggara yang fokus pada analisis dan health data.

“Data-data kesehatan yang dimiliki pengguna diolah melalui aplikasi ini, termasuk histori medis, gaya hidup, dan pilihan-pilih­an menu makanannya. Dari sana lalu muncul rekomendasi, misal berupa makan apa di restoran mana dan dengan porsi seberapa banyak. Setiap rekomendasi berbeda satu sama lain meskipun mungkin keluhan kesehatannya sama.” imbuhnya.

Sudah lebih dari 10 ribu menu divalidasi Tim Gorry dari segi estimasi makronutrisi. Selain itu, ada lebih dari 500 merek restoran di Jakarta dan Tangerang yang masuk daftar publikasi Gorry Well.

Sejauh ini Gorry Holdings telah menjalin kerja sama dengan instansi laboratorium, asuransi, dan restoran-restoran untuk menyediakan makanan sehat dan layanan gizi sesuai dengan standar. (Riz/M-3)

Komentar