Megapolitan

Akan Ada Lajur Khusus Sepeda Motor di MH Thamrin

Jum'at, 12 January 2018 19:40 WIB Penulis: Yanurisa Ananta

MI/RAMDANI

SEPEDA motor akan disiapkan jalur khusus saat melintas di kawasan Jalan MH Thamrin.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan lajur khusus untuk sepeda motor, dan sudah mulai melakukan penebalan marka jalan pada Kamis (11/1) malam dan dilanjutkan Jumat (12/1) malam ini.

"Nanti marka jalan itu diwarnai kuning dan diberi gambar sepeda motor untuk lajur kendaraan roda dua agar tertib," kata Sigit, Jumat (12/1).

Hal ini berkaitan dengan pernyataan Dirlantas Polda Metro Jaya yang menyebut motor menjadi biang kemacetan dan pelanggaran lalu lintas. Sigit mengatakan, dengan membuat lajur khusus maka kendaraan motor dipastikan tertib.

Imbauan kepada pengguna motor pun akan diterapkan. Di sepanjang adanya lajur khusus itu, yakni Jalan Medan Merdeka Barat sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan terpasang spanduk yang meminta masyarakat untuk tertib berkendara motor di sana.

"Kita juga ingin menempatkan spanduk terkait imbauan utamanya bagaimana roda dua bisa tertib. Lagi-lagi kita bicara soal konsistensi lajur jalan. Kita juga siapkan petugas," tandas Sigit.

Setelah dua hari diterapkan, hasil pemantauan Dishub DKI kemacetan di sekitar jalur pencabutan larangan bermotor tidak signifikan. Adapun titik rawan kemacetan ada di Jalan MH Thamrin menuju Bundaran HI di depan Wisma Nusantara akibat ada pengerjaan proyek MRT.

Kendati demikian, pihaknya akan setiap hari menghitung perubahan kemacetan yang terjadi. Sekaligus tetap perhatian kepada terhadap pemindahan warga ke transportasi umum. Hal itu dilakukan bersama Ditlantas Polda Metro untuk berkoordinasi mengurai kemacetan.

"Kita tandem dengan Ditlantas. Yang pasti tujuan pembatasan kalau bicara kemacetan adalah bagaimana memindahkan penumpang ke angkutan umum. Ini yang jadi concern kita bagaimana menghasilkan angkutan umum yang dicintai masyarakat," tukas Sigit lagi. (OL-4)

Komentar