Sepak Bola

PSSI: Cita-Cita Kami Lolos Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2034

Sabtu, 13 January 2018 15:08 WIB Penulis: Antara

ANTARA/Nyoman Budhiana

KETUA Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Edy Rahmayadi membuka kongres PSSI dengan menggaungkan cita-cita besar sepak bola nasional.

"Kami punya rencana besar yang puncaknya dicapai pada 2045. Untuk itu kami berusaha masuk Piala Dunia 2034 dan sebelumnya bercita-cita lolos ke Olimpiade 2024. Tolong ikuti tahun-tahun ini dan kami sudah menyiapkan programnya," ujar Edy dalam pidato pembukaan Kongres PSSI di ICE BSD City, Tangerang, Sabtu.

Dia melanjutkan, untuk mencapai hal tersebut, PSSI mesti menyiapkan anak-anak yang kini berusia 12-13 tahun atau setingkat sekolah menengah pertama (SMP).

"Karena itulah komunikasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sangat penting," kata Edy.

Harapan PSSI itu sejalan dengan Wakil Ketua Umum I Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Suwarno. Suwarno berharap PSSI memiliki rencana-rencana pembinaan pesepak bola jangka panjang.

Dia menyebut hal itu penting disusun agar PSSI bisa menjawab kebutuhan terkait sepak bola dalam puluhan tahun ke depan.

"kami berharap ada pemisahan tugas pokok yaitu kepentingan jangka panjang dan jangka pendek. Selain jangka panjang, juga perlu program jangka pendek untuk menjawab tuntutan masyarakat pada umumnya," tutur Suwarno.

Kongres PSSI pada Sabtu (13/1) di ICE BSD Tangerang dibagi dalam dua agenda yakni kongres luar biasa (KLB) dan kongres biasa.

KLB akan diikuti oleh 106 voter dengan agenda seperti pengesahan nama petugas notulensi dan pemeriksa berita acara kongres, pengesahan kongres, penjelasan latar belakang amandemen pada statuta PSSI, dilanjutkan amandemen statuta PSSI hingga penjelasan serta persetujuan statuta PSSI.

Sedangkan untuk kongres biasa ada agenda seperti pengesahan agenda kongres, penambahan agenda baru, laporan kegiatan dan keuangan PSSI selama 2017.

Lalu ada rencana program strategis dan kerja PSSI di tahun 2018. Selain itu terdapat pengesahan anggota baru dan pengangkatan, peresmian dan pemberhentian orang atau badan. (X-12)

Komentar