Nusantara

Baru Satu Paslon, KPU Karanganyar Perpanjang Pendaftaran

Sabtu, 13 January 2018 19:15 WIB Penulis: Widjajadi

ANTARA FOTO/Maulana Surya

KOMISI Pemilihan Umum Karanganyar masih akan membuka kembali pendaftaran pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2018, mengingat pada hari terakhir pendaftaran Rabu (10/1) lalu, baru satu paslon, yakni Juliyatmono-Robert Christanto yang diusung delapan partai politik yang mendafftar.

Sampai saat ini, dari sembilan parpol pemilik kursi di DPRD Karanganyar, hanya tinggal Partai Keadilan Sejahtera yang belum memiliki paslon. Padahal, keberadaanya hanya memiliki 6 kursi alias kurang dari 20% yang menjadi persyaratan parpol atau gabungan parpol untuk bisa memunculkan paslon bupati-wakil bupati untuk bertarung dalam Pilkada 27 Juni nanti.

"Perpanjangan pendaftaran ini sebenarnya normatif karena tak akan ada lagi paslon yang didaftarkan parpol atau gabungan parpol di KPU. Tapi, kami harus melakukan tahapan ini sebagaimana diatur dalam Pasal 102 PKPU Nomor 15 Tahun 2017," kata Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoro Budi Nugroho, kepada Media Indonesia, Sabtu (13/1).

KPU pun membuka kembali pendaftaran paslon lain mulai Senin (15/1) hingga Rabu (17/1). Anggota Komisioner Divisi Teknik KPU Karanganyar, Muhammad Maksum, menambahkan, mulai Jumat (12/1) kemarin hingga Minggu (14/1) besok, pihaknya akan menyosialisasikan tahapan tersebut kepada masyarakat.

Pembukaan kembali pendaftaran paslon dibuka, karena pada masa pendaftaran sebelumnya, 8-10 Januari, hanya ada satu paslon yang didaftarkan oleh koalisi delapan parpol, yakni Juliyatmono-Robert Christanto (Yuli-Rober).

Seiring dengan tahapan pembukaan pendaftaran itu, tes kesehatan paslon yang sedianya dilakukan Kamis (11/1) pun juga menjadi diundur sampai berakhirnya masa perpanjangan pendaftaran rampung. Nantinya, sesuai rencana, uji kesehatan dilakukan di RSUD dr Moewardi Surakarta.

Sementara itu, Juliyatmono mengatakan, ia bersama pasangannya Robert Christanto siap mengikuti seluruh tahapan pendaftaran di KPU Karanganyar. Mereka tak terlalu memikirkan bakal menghadapi kotak kosong di Pilkada 2018.

"Yang jelas kami harus tetap berjuang. Kami akan tetap melaksanakan tugas sebagai pasangan ke depan. Kami tetap menyosialisasikan gagasan dan menawarkan program-program untuk masyarakat Karanganyar," tandas dia. (OL-2)

Komentar