Olahraga

Kendati tidak Fit, Djokovic Berambisi Rebut Gelar Ketujuh

Ahad, 14 January 2018 09:24 WIB Penulis: AFP/Rul/R-4

AFP/PAUL CROCK (STR)

SANG juara bertahan dan pemegang 12 gelar turnamen grand slam, Novak Djokovic, akan memulai peruntungan di ajang turnamen Australia Terbuka 2018 pada musim ini.

Dengan siap membidik gelar ketujuh, di Melbourne Park, Australia, Djokovic mulai berlaga di babak pertama pada Selasa (16/1). Petenis asal Serbia itu akan berhadapan dengan Donald Young asal Amerika Serikat (AS).

Namun, sejumlah pengamat meragukan penampilan optimal Djokovic yang lama didera cedera pada siku kanannya. Dia terakhir berlaga pada babak perempat final Wimbledon 2017 ialah pada Juli tahun lalu.

Sebagai pemegang enam gelar Australia Terbuka, Djokovic yang kini menempati peringkat ke-14 dunia tetap berambisi mempertahankan gelar di ajang turnamen grand slam di 'Negeri Kanguru'.

Djokovic mengakui kondisinya memang belum pulih 100%. Namun, petenis berusia 30 tahun tersebut memastikan kondisinya baik-baik saja dan siap berlaga secara optimal.

"Setiap hari cedera saya semakin membaik. Saya berharap ini akan pulih 100% pada awal turnamen. Saat turnamen berlangsung, saya tidak tahu bagaimana saya harus bertindak karena meskipun sudah 100% pulih, setelah enam bulan tidak berkompetisi," ujar Djokovic.

Djokovic telah bekerja sama dengan pelatih barunya, Radek Stepanek, selama masa rehat untuk pemulihan. Salah satu perubahan teknik yang lakukan ialah bentuk servis Djokovic yang tidak terlalu menekan sikunya yang baru pulih dari cedera.

"Saya merasa akan menghabiskan lebih sedikit ener-gi, tetapi rasanya akan lebih efisien. Saya sangat menan-tikan uji coba servis baru saya nanti," ujar Djokovic.

Di sisi lain, jelang laga pemanasan di ajang Australia Terbuka pekan depan, Angelique Kerber, meraih gelar perdananya tahun ini di turnamen Sydney International 2018.

Bertanding pada babak final yang berlangsung di NSW Tennis Centre, Sydney, Australia, kemarin, petenis Jerman itu berhasil mengalahkan petenis tuan rumah Ashleigh Barty dengan kemenangan telak 6-4, 6-4.

"Terima kasih kepada tim saya untuk memercayai dan mendukung saya, kita telah mendapatkan minggu yang luar biasa," ujar Kerber.

Di nomor tunggal putra, petenis Rusia, Daniil Medvedev merebut gelar juara setelah mengalahkan petenis berusia 18 tahun tuan rumah yang berbakat, Alex de Mi-naur, dengan skor 1-6, 6-4, dan 7-5.(AFP/Rul/R-4)

Komentar