Pilkada

Petahana Lawan Kotak Kosong, KPU Perpanjang Pendaftaran 3 Hari

Ahad, 14 January 2018 17:06 WIB Penulis: Lina Herlina

Ilustrasi

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Enrekang memperpanjang pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Enrekang selama tiga hari, terhitung Minggu (14/1) hingga Selasa (16/1).

Hal itu diungkapkan Anggota KPU Kabupaten Enrekang, Divisi Teknis Rahmawati Karim. Karena itu mengacu pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang pemilihan gubernur, bupati dan wali kota.

"Karena hanya ada satu pasangan calon yang mendaftar di sini, jadi kita perpanjang. Dan acuannya jelas. Ini membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin maju," jelas Rahmawati.

Ia bahkan menjelaskan, siapa tau ada partai politik yang ingin mengalihkan dukungan. "Itu sah saja, selama semua persyaratan dipenuhi," lanjut Rahmawati.

Pada pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati sebelumnya, di Enrekang, Sulsel memang hanya satu pasangan yang mendaftar, yaitu Bupati Petahana Muslimin Bando yang berpasangam dengan M Asman, Ketua NasDem Enrekang.

Partai pengusungnya adalah Golkar, NasDem, PAN, Demokrat, Gerindra, Hanura, dan PDIP, dengan total 26 kursi dari 30 kursi di DPRD Enrekang. Sementara untuk mengusung pasangan calon di Enrekang hanya butuh enam kursi saja. Sehingga hanya menyisakan 4 kursi saja.

Sebenarnya, Wakil Bupati Enrekang M Amiruddin juga berniat maju. Tapi batal, lantaran kursi partai pengusungnya kurang dua kursi, karena ia hanya punya tiga kursi dari PKS dan PBB yang masing-masing punya tiga dan satu kursi.(OL-3)

Komentar