Eksplorasi

Uji Darah untuk Deteksi Delapan Jenis Kanker

Sabtu, 27 January 2018 01:21 WIB Penulis: (Jurnal Science/nationalgeographic/Grt/L-2)

thinkstock

PARA ilmuwan baru-baru ini menemukan cara mendeteksi dini delapan jenis kanker, yaitu kanker kandungan, ginjal, hati, lidah, paru-paru, perut, payudara, dan usus. Kedelapan kanker tersebut biasanya diketahui di stadium lanjut sehingga terlambat untuk diobati. Para peneliti optimistis uji darah akan tersedia dalam beberapa tahun mendatang.

Peneliti asal Australia yang terlibat dalam penelitian ini, Profesor Peter Gibbs dari Walter and Eliza Hall Institute, mengatakan penelitian ini merupakan kemajuan besar dalam bidang kesehatan. Tim yang terdiri atas peneliti Amerika Serikat dan Australia ini telah melakukan uji darah terhadap lebih dari 1.000 pasien pengidap kanker.

Uji darah ini mendeteksi DNA yang bermutasi bebas di dalam protein darah dan sel kanker. “Tes ini cukup sensitif, jadi bisa mendeteksi hampir semua kanker pada tingkat awal,” kata Profesor Gibbs. “Pertanyaan besar saat ini ialah biaya,” katanya. Namun, biaya akan menurun, seiring dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya jumlah orang yang menjalani uji darah. (Jurnal Science/nationalgeographic/Grt/L-2)

Komentar