Gaya Urban

Enam Disiplin Utama Free Dive

Ahad, 28 January 2018 12:16 WIB Penulis:

DOK KOMUNITAS SELAM BEBAS INDONESIA

SETIDAKNYA ada enam disiplin utama yang harus dikuasai seorang free diver. Keenam disiplin tersebut terbagi dua, yakni tiga disiplin di kolam dan tiga di laut.

Untuk di kolam, yang pertama ialah disiplin static apnea, yaitu menahan napas dengan rileks mengambang selama mungkin di kolam. Lalu ada dynamic with fin, yaitu berenang dengan menahan napas di kolam menggunakan sirip, dan dynamic with no fin, berenang mirip gaya katak tanpa sirip selama mungkin.

Tiga disiplin free dive di laut ialah free immersion, yaitu turun ke laut sedalam mungkin dengan menggunakan tali, lalu ada constant weight, menyelam menggunakan sirip sedalam mungkin, dan constant weight with no fin, yaitu menyelam sedalam mungkin tanpa menggunakan sirip.

“Jadi, ada tekniknya tersendiri. Kalau tidak pakai fin, itu seperti gaya katak, tapi dalam air, ada juga yang seperti gaya bebas cuma pakai fin. Jadi, free dive itu lebih ke efisiensi gerakan,” jelas Anton.

Bedanya, lanjutnya, terletak di disiplinnya saja, dengan tahan napas dan totally different dengan berenang.

Menurut Anton, untuk keselamatan jiwa, olahraga tersebut tidak boleh dilakukan sendiri. Minimal harus dua orang dan salah seorangnya harus menguasai teknik safety and rescue sehingga dapat menolong rekannya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama melakukan free dive. (Riz/X-7)

Komentar