Nusantara

Buaya Raksasa Pemangsa Manusia di Kabupaten Pulang Pisau Ditemukan

Sabtu, 3 February 2018 10:25 WIB Penulis: Surya Sriyanti

MI/Surya Sriyanti

TIM Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng bersama warga pada Jumat (2/2) berhasil menangkap buaya yang diduga memangsa Aman, warga warga Desa Sebagau Jaya Kabupaten, Pulang Pisau, Kalteng. Aman yang merupakan nelayan pencari udang dimakan buaya beberapa pada Senin (29/1) lalu.

Sayangnya buaya dewasa sepanjang 5,18 meter dan lebar 70 cm yang ditangkap dengan cara diberi umpan itu itu ditemukan dalam kondisi telah mati di pinggir sungai.

Kepala BKSDA Kalteng Adib Gunawan, Jumat (2/2) malam secara kronologis menjelaskan, setelah mendapatkan laporan adanya warga yang disambar buaya, pada Senin (29/1). Tim BKSDA berangkat ke Desa Sebangau Jaya Kabupaten Pulang Pisau dan keesokan harinya, Selasa (30/1) mengecek lokasi terjadi penyerangan buaya untuk melakukan upaya penangkapan atau penjeratan buaya.

"Akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan metoda pancing dan umpan," katanya.

umpan ini ditempatkan pada lokasi yang sering terlihat penampakan buaya yang memangsa manusia. Dan setelah ditunggu hampir dua hari tanpa hasil tim BKSDA ditarik kembali Palangka Raya karena harus berangkat untuk menangani penemuan orangutan di Desa Tumbang Manggu, Kabupaten Katingan.

"Dan baru hari ini, Jumat (2/2) kita mendapatkan kabar buaya pemangsa Aman itu ditemukan dalam kondisi mati di pinggir sungai," jelasnya.

Akhirnya atas kesepakatan bersama buaya raksasa itu dikubur di lokasi pertama kali ia ditemukan. (OL-6)

Komentar