Hiburan

Dua Band Klasik dari Masa Silam

Ahad, 4 February 2018 09:40 WIB Penulis: Thalatie K Yani

Dua Band Klasik dari Masa Silam---ANTARA/Aprillio Akbar

DUA band yang pernah ngetop di era 1990-an, Padi dan Sheila on 7, kembali hadir di belantika musik Tanah Air. Kemunculan Padi setelah tujuh tahun vakum ditandai dengan konser Padi Reborn di The Pallas, SCBD, Jakarta, Rabu (31/1).

Dalam waktu yang hampir berbareng­an, Sheila on 7 meluncurkan single teranyar mereka berjudul Film Favorit. Single ini menjadi pembuktian band asal Yogyakarta ini setelah lepas dari Sony Music. Kini, Duta, Eros, Adam, dan Brian mendirikan label sendiri, 5o7. Dalam kanal Youtube Sheila on 7, Duta, sang vokalis, mengaku sengaja meluncurkan single terlebih dahulu dan sekaligus ini menjadi hiburan tersendiri.

“Setiap satu single ada videoklipnya. Padahal, di album terakhir (Musim yang Baik, 2014) cuma satu videoklip, yakni Lapang Dada,” ujar Duta.

Selain penyertaan videoklip, dalam pembuatan single ini, band yang pernah melahirkan hit Sephia serta Kisah Klasik untuk Masa Depan ini melibatkan music director. Selama ini, kata Adam, dalam proses pembuatan musik, mereka selalu berdiskusi berempat. Hal baru lainnya, mereka juga banyak mengeksplorasi berbagai jenis musik. “Termasuk asembel perkusi di beberapa bagian,” ujar Brian, sang drumer.

Seperti halnya Sheila, Padi juga kembali ingin berkarya. Band yang digawangi Piyu (gitar), Fadly (vokal), Ari (gitar), Rindra (bas), dan Yoyo (drum) itu memang belum melahirkan single atau pun album baru. Namun, kembalinya lima pria asal Surabaya ini dalam satu panggung bisa jadi pemantik benih kreativitas Piyu dan kawan-kawan untuk melahirkan hit genius seperti dulu macam Begitu Indah ataupun Mahadewi. “Kami berlima berbeda, tapi berkomitmen bersama kembali karena kami percaya persahabatan di atas segala-galanya,” kata Piyu seusai tampil di SCBD di penghujung Januari lalu seperti dikutip Antara.

Seperti salah satu judul lagu band itu, Semua tak Sama, kondisi industri musik saat ini berbeda jika dibandingkan dengan saat mereka dulu berjaya. Di tengah maraknya lanun (pembajak) di industri rekaman, jangan lagi pernah berharap bakal ada album jutaan kopi.

Kembalinya dua band lawas ini cukuplah sekadar memuaskan kerinduan sobat Padi (sebutan untuk penggemar Padi) dan Sheila Gank (penggemar Sheila on 7). (Rin/E-2)

Komentar