Internasional

Para Senator Sepakati Anggaran

Jum'at, 9 February 2018 02:45 WIB Penulis: (AFP/Ire/I-2)2)

AFP PHOTO / SAUL LOEB

PARA pemimpin Senat Amerika Serikat (AS) telah menyepakati anggaran bipartisan untuk 2018 dan 2019. Jika keputusan itu disetujui Kongres, ancaman penutupan pemerintahan (shutdown) kedua dalam tiga minggu ke depan dapat dicegah. Kesepakatan yang telah dibuat itu dipandang sebagai sebuah pencapaian besar bagi anggota Senat AS dari Partai Republik dan Demokrat di Washington. Terobosan tersebut terjadi pada Kamis (8/2) malam jelang batas akhir Kongres mengeluarkan tindakan penghentian sementara, yang kelima sejak Oktober.

Proposal itu akan mendongkrat dana federal berdasarkan undang-undang 2011 yang meningkatkan dana militer dan nonmiliter dengan total US$300 miliar. “Kompromi yang telah kami capai akan memastikan bahwa, untuk pertama kali-nya dalam beberapa tahun, angkatan bersenjata kami akan memiliki lebih banyak sumber daya yang mereka butuhkan untuk menjaga Amerika tetap aman,” kata Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell. Senator Republik Lindsey Graham mengungkapkan itu merupakan berita terbaik untuk militer sejak 2011.
Kesepakatan tersebut juga akan memastikan pendanaan untuk prioritas domestik, yang didorong Partai Demokrat, termasuk penanggulangan bencana, pusat kesehatan, dan pertempuran epidemi opioid yang melonjak di ‘Negeri Paman Sam’ itu. (AFP/Ire/I-2)2)

Komentar