Ekonomi

15 Februari, Tarif Tol Cipularang Naik

Jum'at, 9 February 2018 09:16 WIB Penulis: (E-2)

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

PT Jasa Marga (persero) Tbk mulai 15 Februari pukul 00.00 WIB akan menaikkan tarif pada dua ruas tol, yaitu Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) dan ruas Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang), untuk semua jenis golongan kendaraan. “Penyesuaian dan evaluasi tarif tol setiap dua tahun ini dilakukan berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan laju inflasi di Jawa Barat sebesar 6,3% selama dua tahun terakhir,” kata Direktur Operasi II Jasa Marga, Subakti Syukur, seperti diwartakan Antara, Kamis (8/2).
Kenaikan tarif terendah tol di ruas Padalarang-Cileunyi ialah Rp500 dan tertinggi Rp1.000, sedangkan kenaikan tarif tol ruas Cipularang mulai Rp500 hingga Rp7.000, meskipun pada beberapa golongan kendaraan dan ruas tarif tol tetap atau tidak ada kenaikan.
Menurut Subakti, dasar penyesuaian tarif tol ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri PU-Pera No 96/KPTS/M/2018 tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Padalarang-Cileunyi dan Keputusan Menteri Pu_Pera No 97/KPTS/M/2018 tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang.

“Evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun oleh BPJT, berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan laju inflasi di wilayah tertentu, berdasarkan kemampuan bayar pengguna jalan tol, besar keuntungan biaya operasi kendaraan, dan kelayakan investasi,” ujar Subakti. Perhitungan usulan tarif tol dilakukan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dievaluasi BPJT berdasarkan data inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) selama dua tahun terakhir.
Dengan penyesuaian tersebut, tarif Tol Cipularang untuk kendaraan golongan I jarak terjauh Simpang Susun Dawuan-Simpang Susun Padalarang sepanjang 58,10 km ditetapkan sebesar Rp37.500, naik Rp2.000. (E-2)

Komentar