Pilkada

Polda Sumbar Musnahkan Ratusan Senjata Api Rakitan

Selasa, 13 February 2018 20:15 WIB Penulis: Yose Hendra

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

MENJELANG Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) musnahkan ratusan senjata rakitan milik masyarakat.

Senjata rakitan tersebut, dikatakan Kepala Polisi Daerah (Kapolda Sumbar) Irjen Pol Fakhrizal merupakan milik masyarakat yang disita dari berbagai Polres di Sumbar.

"Senjata api yang berhasil diamankan dalam 2 bulan terakhir sebanyak 816 senjata api rakitan jenis balansa," ujarnya, Selasa (13/2).

Dia menyebutkan, penumpasan senjata api tersebut untuk mengantisipasi tindak kriminal bersenjata, agar kondisi daerah terjaga dari gangguan keamanan jelang pelaksanaan pilkada serentak.

Pemusnahan sendiri dilakukan dengan memotong senjata menjadi beberapa bagian.

Ke depan, katanya, setiap Kepala Kesatuan Wilayah (Kasatwil) di jajaran Polda Sumbar akan melakukan pengawasan dengan terus melakukan imbauan, agar masyarakat yang masih memiliki senpi rakitan segera diserahkan.

Fakhrizal menuturkan, berhubung senjata api rakitan ini sangat berbahaya, pemegangnya terancam delik pemegang senjata ilegal. Beberapa bulan terakhir, sebutnya, ada empat kasus salah tembak dan satu kasus kriminal murni yang dilakukan warga degan menggunakan senjata rakitan ini di Sumbar.

Senjata rakitan jenis balansa ini sendiri kerap digunakan warga untuk berburu babi dan ke ladang. (OL-6)

Komentar