Nusantara

Undian Nomor Urut Pilkada Pangkalpinang Gunakan Kayu Phang Chiam

Selasa, 13 February 2018 20:37 WIB Penulis: Rendy Ferdiansyah

Ist

PENGUNDIAN nomor urut pasangan calon (paslon) kepala daerah di Hotel Grand Mutiara, Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Pangkalpinang, Selasa (13/2), tergolong unik.

Dalam pengundian itu, KPU Pangkalpinang memilih menggunakan permainan kayu Phang Chiam atau di kenal dengan bahasa Tionghoa 'Kayu Tujuh26'.

Kayu Phang Chiam merupakan permainan tradisi masyarakat Tionghoa. Pada kayu terdapat tanda-tanda yang disimbolkan sebagai angka. Jika garisnya satu berarti satu, dan seterusnya.

KPU Pangkalpinang menggunakan kayu Phang Chiam yang dikocok untuk menetukan pasangan calon kepala daerah di Pangkalpinang.

Ketua KPU Pangkalpinang Muhammad Yusuf mengatakan, KPU Pangkalpinang sengaja menggunakan batang kayu Phang Chiam yang sudah diberikan nomor untuk mengangkat tradisi permainan kayu tersebut.

"Kayu Phang Chiam ini hanya untuk menetukan nomor antrean para paslon. Memang cara ini tergolong unik, kita sengaja mengangkat tradisi permainan kayu Phang Chiam ini," kata Yusuf.

Dalam kesempatan tersebut, kesempatan pertama yang menarik kayu Phang Chiam ialah pasangan Endang-Ismiryadi, kemudian disusul Saparudin-Edison, Rinald-Sarjulianto, dan terakhir Maulan Akil-Sopian.

"Para paslon ini silih berganti mencabut kayu Phang Chiam untuk menentukan nomor antrean, sebagai rujukan untuk menarik nomor urut paslon," ujarnya.

Setelah mendapatkan nomor atrean melalui kayu Phang Chiam, para paslon satu persatu mengambil nomor urut. Hasilnya, paslon perseorangan Rinaldi-Sarjualinto mendapat nomor urut 1, Safarudin-Edison Taher nomor 2, Maulan Akil-Sopian nomor 3, dan Endang-Ismiryadi nomor 4.

Sopian, calon wakil wali kota yang diusung Partai Nasdem mengatakan, cara yang dilakukan KPU ini luar biasa dan sangat kreatif dan perlu dijadikan contoh bagi KPU daerah lain.

"Ini luar bisa, KPU kita kreatif, patut untuk dicontoh," kata Sopian singkat.

Sopian mengaku mendapatkan nomor urut 3 adalah keberuntungan menuju awal kemenangan memimpin Pangkalpinang lima tahun kedepan. "Tiga (adalah) angka keberuntungan bagi kami, kita optimistis menang," yakinnya. (X-12)

Komentar