Nusantara

Jalintim Jambi Mulai Dibangun

Rabu, 14 February 2018 02:01 WIB Penulis: (SL/CS/BB/N-3)

FOTO ANTARA/Nila Fu'ad

BALAI Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) IV Tahun 2018 akan memulai pembangunan menyeluruh ruas jalan nasional lintas timur di Provinsi Jambi. Pembangunan jalan ini berperan sebagai tulang punggung jalur logistik nasional di Pulau Sumatra.
“Insya Allah tahun ini mulai dikerjakan. Sekarang masih dalam proses tender di pusat,” kata Kepala BPJN IV, Junaidi, kepada Media Indonesia, Selasa (13/2). Junaidi menerangkan, peningkatan ruas jalan nasional lintas timur yang membentang sepanjang 248 kilometer di wilayah Jambi, mulai perbatasan Jambi-Sumatra Selatan hingga perbatasan Jambi-Riau, dilakukan secara komprehensif.

Dari titik ke titik, terutama di ruas jalan yang mengalami penyempitan, belokan tajam, akan diperlebar menjadi 14 meter. Volume tersebut sudah mencakup pemantapan bahu jalan selebar 4 meter dan pembangunan drainase 1 meter di kiri-kanan jalan.
Sementara itu, di Karawang, Jawa Barat, pemerintah kabupaten setempat menganggarkan Rp5 miliar untuk memperbaiki Jalan Cikalong-Cilamaya. Padahal, anggaran yang dibutuhkan ialah Rp13 miliar. Pemkab Karawang akan menagih janji konsorsium PT Pertamina (persero) untuk memperbaiki jalan yang rusak dalam lima tahun terakhir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Acep Jamhuri, mengatakan wilayah Cikalong-Cilamaya menjadi salah satu jalur dan wilayah eksploitasi minyak Pertamina. Saat ini jalan Cikalong-Cilamaya mengalami kerusakan sekitar 13 km. “Konsorsium Pertamina berjanji memperbaiki Jalan Cikalong-Cilamaya setahun 500 meter. Kami akan menagih janji,” jelas Acep. Masih soal pembangunan infrastruktur, sekitar 400 hektare lahan di Kabupaten Sukabumi akan dibebaskan untuk pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi. Luasan lahan itu tersebar di 36 desa dan 14 kecamatan. “Sosialisasi sudah mencakup 26 desa di 9 kecamatan dari total seluruhnya 36 desa di 15 kecamatan dengan luas lahan yang dibebaskan 400 ha,” kata Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Sukabumi, Asep Suherman. (SL/CS/BB/N-3)

Komentar