Megapolitan

Sandi Targetkan 200 Ribu Pengusaha Baru Pada 2022

Rabu, 14 February 2018 16:26 WIB Penulis: Selamat Saragih

ANTARA FOTO/Reno Esnir

PROGRAM pemberdayaan masyarakat melalui program One Kecamatan One Center for Entrepreneurship (OK OCE) terus berkembang. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mengharapkan bisa mencapai target sekitar 200 ribu pengusaha baru di DKI Jakarta pada 2022.

Bahkan kini sudah ada OK OCE Global Office di kawasan bisnis elit, Jl Epicentrum Tengah, Kelurahan Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Karena itulah, kata Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Sandiaga Uno, pihaknya merasa gembira dengan adanya pencapaian target itu. Sebab, keberadaan kantor ini diharapkan dapat menguatkan partisipasi kelompok masyarakat dalam merealisasikan target setidaknya 200.000 pengusaha baru di Jakarta hingga tahun 2022.

"OK OCE Global Office ini menandakan OK OCE sudah menjadi sebuah gerakan yang bukan hanya ada di level kecamatan, tapi merambah ke kawasan bisnis elit," kata Sandi saat acara soft launching OK OCE Global Office, di Kinanti Building, Rabu (14/2).

Dia menambahkan, kantor ini mengusung konsep one stop service office dengan fasilitas seperti ruang rapat, pelatihan wirausaha, co-working space, dan ruang seminar.

Adapun di area belakang gedung akan dibuat Food Court OK OCE guna memasilitasi pelaku usaha di bidang kuliner. "Saya yakin dari inisiatif ini akan terbuka ribuan peluang kerja baru," ungkapnya.

Menurut dia, di tempat itu masyarakat dapat mengikuti proses Tujuh Langkah Pasti Akan Sukses (7 PAS) yang dimulai dari P1-Pendaftaran, P2-Pelatihan, P3-Pendampingan, P4-Perizinan, P5-Pemasaran, P6-Pelaporan Keuangan, dan P7-Permodalan.

"Kantor ini akan menjadi pusat informasi dan pembelajaran program OK OCE," ujarnya.

Sandi berharap, selain sebagai tempat berjejaring masyarakat, kantor ini dapat menjadi etalase untuk memperkenalkan ragam usaha yang berada di bawah bimbingan OK OCE. Sehingga, terjadi percepatan agar usaha rintisan atau start up bisa cepat maju.

"Produk-produk yang dinilai bagus akan kita pamerkan di sini," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Gerakan (PG) OK OCE, Faransyah Jaya, mengatakan, OK OCE Global Office ini terealisasi berkat kerja sama dengan Komunitas Alumni ITB Ganesha Maju Bersama.

"Ini menjadi contoh bagaimana OK OCE dibangun sebagai gerakan yang diawali dari inisiatif komunitas," lanjutnya.

Faransyah menambahkan, jumlah pendaftar program OK OCE melalui portalwww.okoce.me hingga hari ini sudah mencapai 6.600 orang. "Nantinya semua yang sudah mendaftar akan mengikuti proses 7 PAS," tandasnya.

Sementara sebanyak 50 penggerak program OK OCE di Jakarta Timur tengah mengikuti pembinaan.(OL-3)

Komentar