Megapolitan

Masyarakat Diminta Lebih Peka Terhadap Orang Gila

Rabu, 14 February 2018 20:07 WIB Penulis: Dede Susianti

Ist

GANGGUAN jiwa yang dialami sejumlah orang belakangan menjadi isu tidak sedap, karena dikaitkan dengan berbagai hal yang mengarah pada keresahan di masyarakat.

Berdasar dari kejadian persekusi orang gila di Cileungsi dan di sejumlah lokasi baik di Bogor dan di wilayah lain, Polres Bogor melakukan operasi terhadap orang dengan gangguan jiwa atau orang gila. Hal itu sebagai upaya pencegahan tindak penyimpang terhadap mereka.

Sebanyak 16 orang yang mengalami gangguan kejiwaan di Kabupaten Bogor pun diamankan. Kapolres mengatakan, ke-16 orang yang mengidap gangguan jiwa tersebut mayoritas diamankan petugas dari sejumlah ruas jalan, dan permukiman di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Bogor.

"Mereka diamankan hasil dari operasi selama dua hari sejak Senin (12/2)," ujar Kapolres, Rabu (14/2).

Usai diamankan, lanjutnya, mereka yang ditemukan di jalan dimandikan petugas, diberi pakaian yang layak dan diberi makan. Bahkan disuapi. Langkah berikutnya, petugas membawa mereka ke Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bogor untuk penanganan lebih lanjut.

Kapolres menjelaskan, mereka yang mengalami ganguan jiwa dan terlantar itu rawan mendapat tindakan kekerasan atau penyimpangan lainnya. Selain itu, apa yang dilakukan pihaknya sebagai bentuk rasa kemanusiaan terhadap sesama mahluk hidup.

Kapolres pun menghimbau dan mengajak masyarakat untuk lebih peka terhadap orang yang mengalami gangguan jiwa. Dia meminta, jika masyarakat menemukannya lingkungan tempat tinggal, segera lapor untuk penanganan lebih lanjut. (OL-4)

Komentar