Nusantara

AWC Tingkatkan Ketahanan Air

Selasa, 29 March 2016 01:50 WIB Penulis: RS/N-3

MI/AGUNG WIBOWO

TIGA isu utama terkait siklus air menjadi pembahasan pada acara Asian Water Council (AWC) yang berlangsung di Kabupaten Badung, Bali, akhir pekan lalu.

Ketiga isu utama tersebut, yaitu penggunaan air untuk semua aspek, perlindungan lingkungan hidup, dan mitigasi bencana alam.

Direktur Bina Penatagunaan Sumber Daya Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Agus Suprapto mengatakan untuk mengatasi masalah sumber daya air, AWC memiliki beberapa strategi.

"Strategi pertama ialah air sebagai sasaran dan tujuan pembangunan berkelanjutan di Asia," papar Ketua Panitia Penyelenggara The 1st General Assembly Meeting of AWC itu.

Strategi lain ialah menyediakan suatu program yang menjadi wadah bagi negara-negara Asia dan semua pemangku kepentingan yang berkaitan dengan AWC.

Selain itu, perlu membangun kerja sama dalam menghadapi tantangan di bidang sumber daya air.

Strategi terakhir ialah mengadopsi smart water management initiative untuk memberikan solusi yang tepat bagi setiap permasalahan mengenai air di negara-negara Asia.

"Pada hari terakhir pertemuan AWC, para peserta akan diberi kesempatan untuk mengunjungi museum subak dan berdiskusi dengan organisasi subak, sistem pertanian di Bali yang mengatur pasokan air ke sawah secara adil dan merata," lanjut Agus.

Komentar