Humaniora

Institut Perbanas Komitmen Ciptakan SDM Kompetitif

Kamis, 12 May 2016 23:32 WIB Penulis: Syarief Oebaidillah

Istimewa

INSTITUT Perbanas menggelar Wisuda Semester Genap 2015/2016 pada Rabu (11/5) di Jakarta Convention Center. Wisuda yang mengangkat tema 'Pengembangan Sumber Daya Insani Inovatif, Produktif, dan Berjiwa Wirausaha di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)' itu sangat relevan dengan kondisi saat ini.

Sangat relevan karena Indonesia sedang menghadapi berbagai perubahan di era persaingan bebas ASEAN dan integrasi sektor keuangan perbankan di kawasan Asia Tenggara tahun 2020. Kondisi itu dapat dilihat sebagai tantangan sekaligus peluang bagi perguruan tinggi di Indonesia dalam menghasilkan lulusan yang memiliki nilai tambah yang termanifestasi dalam pengetahuan, keterampilan, kompetensi, inovatif, produktif, dan memiliki kemampuan membangun dan mengembangkan wirausaha yang menjadikannya sebagai sumber daya insani yang berkualitas dalam menghadapi persaingan dan perdagangan bebas.

"Untuk mewujudkan Perbanas Institute menuju universitas berkelas dunia, Perbanas Institute telah melakukan berbagai perbaikan dan pengembangan, tidak hanya terbatas pada sarana dan prasana sebagai kampus yang modern namun juga terus senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan menerapkan kurikulum yang inovatif yang dirancang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dalam bidang keuangan, perbankan, dan informatika," ujar Rektor Perbanas Institute Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo dalam laporan akademiknya di hadapan peserta.

Menurut dia, seperti dalam siaran persnya Kamis (12/5), Perbanas saat ini terus melakukan berbagai pengembangan yang positif menuju terwujudnya Visi 2019, mencanangkan diri menjadi kampus bertaraf internasional sebagai pusat pendidikan keuangan, perbankan, dan informatika 5 besar di Asia.

Selain itu, peningkatan kualitas proses pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang keuangan, perbankan, dan informatika, perubahan-perubahan global, serta masukan-masukan dari para anggota Perbanas. "Dengan peningkatan kualitas sarana dan proses pembelajaran ini diharapkan daya saing alumni Perbanas Institute akan meningkat dan siap menghadapi tantangan-tantangan global masa depan," katanya.

Marsudi juga menambahkan, untuk meningkatkan daya saing Indonesia bertumpu kepada SDM yang inovatif dan kreatif, inovasi memegang peranan penting untuk mengembangkan produk dan jasa dalam bisnis. Berbagai kesuksesan besar di dunia didorong oleh daya kreativitas yang tinggi. Inovasi juga menjadi faktor penting dalam memajukan bangsa. Terlebih di era yang sangat kompetitif saat ini. Oleh karena itu, lembaga pendidikan tinggi yang mencetak para pemimpin masa depan Indonesia harus memperhatikan hal ini.

"Kami di Perbanas Institute dengan dukungan penuh dari bank-bank anggota Perbanas menyadari hal ini, berkomitmen dan mendukung proses penciptaan manusia yang inovatif dan kreatif menguatkan daya saing bangsa berlandaskan nilai-nilai core value ETHICS, yakni Endurance, Trust, Humanity, Integrity, Competence, dan Sense of belonging," paparnya.

Dikatakan, sejak 2015, dua Program Studi (Prodi) yaitu Prodi S1 Manajemen dan S1 Akuntansi masing-masing memperoleh akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Selain itu, Prodi Manajemen juga telah mendapatkan penghargaan peringkat kedua The Best School of Management dari salah satu media bisnis terkemuka di Indonesia.

Acara wisuda dihadiri sivitas akademika Institut Perbanas, mulai dari pengurus yayasan, pimpinan baik Institut maupun Fakultas, para dosen, karyawan, para wisudawan, orangtua wisudawan, Koordinator Kopertis Wilayah III Dr Illah Sailah dan Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir.

Perbanas Institute mewisuda sebanyak 480 lulusan pada tingkat Magister (24 lulusan), Sarjana (Manajemen 188 lulusan; Akuntansi 224 lulusan; Sistem Informasi 16 lulusan; Teknik Informatika 4 lulusan; Internasional 10 lulusan), serta Ahli Madya (Keuangan dan Perbankan 1 lulusan; Akuntansi 13 lulusan). (Bay/RO/OL-5)

Komentar