On This Day

1980: Mohammad Hatta Wafat

Selasa, 14 March 2017 05:15 WIB Penulis:

wikipedia

PROKLAMATOR yang kerap dipanggil Bung Hatta ini lahir di Bukittinggi pada 12 Agustus 1902. Ia meninggal di usia 78 tahun dan dimakamkan di Tanah Kusir, Jakarta.

Selain dikenal sebagai pejuang, negarawan, dan Bapak Koperasi Indonesia, Hatta menjabat Wakil Presiden Pertama Indonesia. Dia mundur dari jabatan tersebut pada 1956 karena berselisih dengan Presiden Soekarno. Hatta lahir dari keluarga ulama Minangkabau.

Nama yang diberikan orangtuanya ketika dia lahir ialah Muhammad Athar. Dia menempuh pendidikan dasar di Sekolah Melayu Bukittinggi dan kemudian pada 1913-1916 melanjutkan studinya ke Europeesche Lagere School (ELS) di Padang.

Saat usia 13 tahun, Hatta telah lulus ujian masuk ke HBS (setingkat SMA) di Batavia (kini Jakarta), tapi ibunya menginginkan Hatta tetap di Padang mengingat usianya yang masih muda.

Akhirnya, Bung Hatta melanjutkan studi ke Mulo di Padang, baru kemudian pada 1919 pergi ke Batavia untuk studi di HBS. Studinya diselesaikan dengan sangat baik dan pada 1921, kemudian dia pergi ke Rotterdam, Belanda, untuk belajar ilmu perdagangan/bisnis di Nederland Handelshogeschool (kini menjadi Erasmus Universiteit).

Komentar