Selebritas

I Wayan Balawan Ingin Musisi Tradisional Lebih Diperhatikan

Sabtu, 18 March 2017 02:35 WIB Penulis: Putri Rosmalia Octaviyani

I Wayan Balawan---ANTARA/Fikri Yusuf

PRESIDEN RI Joko Widodo bersama musisi nasional merayakan Hari Musik Nasional di Istana Negara, 9 Maret 2017 lalu.

Saat itu, musisi yang tergabung dalam Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) meminta hak cipta mereka diperhatikan.

Di lain hal, gitaris asal Bali I Wayan Balawan, 43, juga punya harapan besar terhadap pemerintah.

Balawan merasa nasib musisi tradisional yang kondisinya memprihatinkan juga harus diperhatikan.

Balawan berharap pemerintah mampu mendukung musisi tradisional.

"Banyak musikus tradisional dari Sabang sampai Merauke yang membutuhkan dukungan dan perhatian pemerintah, pahlawan musik juga banyak," terang Balawan saat berbincang kepada Metrotvnews.com di kediamannya, Jalan Pacar, Denpasar, Kamis (16/3).

Menurutnya, Hari Musik Nasional memiliki pengertian yang luas.

Itu bukan semata-mata ajang kumpul musisi yang sudah terkenal dan melupakan musisi tradisional yang menjadi pahlawan bagi musik Tanah Air di kancah internasional.

"Musik nasional itu karena adanya tradisional. Musik tradisional dulu ada digabungin jadi nasional," tambahnya.

Balawan ingin saat Hari Musik Nasional pemerintah memberikan sosialisasi terhadap musik tradisional agar tidak punah dengan siaran bermutu tentang musik tradisional kepada masyarakat.

"Kalau bisa seharian diadakan siaran khusus musik tradisional," kata dia.

Dengan demikian, Indonesia memiliki karakteristik di dunia musik, tidak harus mengikuti aliran musik luar negeri yang saat ini tengah digandrungi masyarakat.

"Kita harus mengemas sedemikian rupa musik Indonesia agar diterima masyarakat dunia. Dikasih ruang untuk musisi tradisional," ujarnya lagi.

Yayasan Bumi

Untuk mengenalkan musik tradisional, Balawan membentuk Yayasan Bumi. Dalam yayasan tersebut, setiap orang boleh belajar instrumen tradisional secara gratis.

"Ada support dari Hard Rock International untuk memajukan kesenian tradisional, pengadaan gamelan lengkap. Jadi murid-murid saya itu gratis belajar gamelan," jelas ayah dua anak itu.

Balawan menjelaskan yayasan tersebut akan diluncurkan tahun ini. Saat ini telah dibuka pendaftaran belajar alat musik tradisional Bali dengan menyasar seluruh kalangan.

"Siapa pun boleh belajar disubsidi Hard Rock International," tambahnya.

Dia menambahkan, di yayasan tersebut, terdapat beberapa seniman musik gamelan Bali yang akan menjadi guru, termasuk dirinya.

"Ada beberapa guru yang sudah ada, tahun ini siap dibuka. Sudah ada beberapa guru dan murid di yayasan."

Balawan merupakan salah satu gitaris terbaik di Tanah Air saat ini.

Gerakan jemarinya disebut-sebut sebagai salah satu yang tercepat.

Kecepatan jemari gitaris Batuan Ethnic Fusion ini membuatnya ahli memainkan gitar double neck secara touch-tapping style. (H-1)

Komentar