Selebritas

Asma Nadia - Berharap SYTD 2 Kuatkan Nilai Kebersamaan

Ahad, 19 March 2017 08:12 WIB Penulis: Syarief Oebaidillah

Asma Nadia -- MI/Adam Dwi

PENULIS novel Asma Nadia, 45, kembali menggeb­rak layar lebar film Indonesia. Film Surga yang tak Dirindukan (SYTD) 2 yang diangkat dari novel karyanya dengan judul sama, disukai banyak penonton.

Film tersebut tidak hanya menyedot penonton Tanah Air, tetapi juga di dua negeri jiran; Malaysia dan Brunei Darussalam. Di Malaysia, SYTD 2 diputar di 85 bioskop.

“Alhamdulillah, saya bersyukur SYTD 2 disukai penonton. Tidak hanya ditonton di Indonesia, juga di Malaysia dan Brunei,” kata Asma seusai nonton bareng film SYTD 2 bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di bioskop XXI Plaza Senayan, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Istri Isa Alamsah itu bahkan terkejut ketika mendengar pengakuan salah seorang warga negara Malaysia yang menonton SYTD 2 hingga 12 kali. “Ini luar biasa. Rekor tertinggi menonton, di Indonesia. Ada yang hingga 16 kali,” ungkap Asma yang pernah menjadi satu dari 35 penulis asal 31 negara dan diundang menjadi penulis tamu dalam Iowa International Writing Program di Amerika Serikat itu.

Perempuan yang pernah menuntut ilmu di Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor tersebut berharap nilai edukasi dalam novel dan film SYTD 2 bisa membuat pembaca dan penonton menguatkan kembali nilai kebersamaan dengan keluarga. Suami dan istri bisa lebih menghargai kebersamaan mereka. Anak-anak lebih mensyukuri keberadaan kedua orangtua.

“Semoga penikmatnya ter­gerak untuk bersiap menghadapi ujian Allah. Tetap dalam sabar dan ikhlas,” tuturnya.

Lebih dari itu, lanjut Asma, kesadaran para orangtua juga diharapkan lebih terbangun untuk menyiapkan pasangan masing-masing dan anak-anak mereka dalam menghadapi kemungkinan terburuk dalam kehidupan.

SYTD 2 dibintangi aktor dan aktris papan atas Indonesia, antara lain Laudya Cynthia Bella, Fedi Nuril, Raline Shah, dan Reza Rahadian. Film ini merupakan sekuel film Surga yang tak Dirindukan yang tayang pada 2015.

SYTD 2 menonjolkan sisi kekuatan cinta yang meng­utamakan kebahagiaan orang lain di atas kebahagiaan pribadi. Selain keempat tokoh sentral itu, sejumlah aktor dan aktris ternama lainnya juga berperan di film tersebut, di antaranya Sandrina Michelle Scomicki, Nora Danish, Kemal Palevi, Tanta Ginting, Muhadkly Acho, Keefe Bazli Ardiansyah, David Chalik, Tasya Nur Medina, dan Vitta Mariana.

Laudya menyanyi
Sejumlah musikus ternama juga terlibat dalam film itu dengan soundtrack karya mereka, yakni Melly Goeslaw dan Anto Hoed, yang menggubah lagu berjudul Dalam Kenangan yang dinyanyikan Krisdayanti.

Dalam film tersebut, Laudya Cynthia Bella bukan hanya berakting. Ia juga berduet dengan penyanyi muda berbakat, Wafda, menyenandungkan lagu Surga yang Kurindukan.

Pada kesempatan tersebut Asma mengatakan perfilm­an nasional saat ini tengah mendapatkan angin baik dengan makin banyaknya penonton. Bahkan sebagian masyarakat Indonesia tidak lagi pesimis terhadap film dalam negeri.

“Film Indonesia makin bagus,” ucap Asma yang 4 Maret lalu meluncurkan novel ke-53 berjudul Cinta Dua Kodi dan telah memasuki masa syuting untuk difilmkan lagi. Novel-novelnya yang telah lebih dulu difilmkan antara lain Emak Ingin Naik Haji, Rumah tanpa Jendela, Assalamualaikum Beijing. (H-2)

Komentar