Selebritas

Rudiantara Jangan Percaya Kamar Sebelah

Senin, 20 March 2017 00:00 WIB Penulis:

ANTARA

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara membagi kiatnya dalam menguji kesahihan informasi yang beredar di dunia maya. Apalagi penyebaran berita palsu (hoax) telah bergulir menjadi isu global.

Berbagai upaya pun telah dilakukan para pihak, termasuk pemerintah dan para pegiat teknologi informasi di Indonesia, untuk menangkal penyebarannya.

Kiat yang ia sebutkan ternyata cukup sederhana, yakni cukup dengan mengecek sumber informasi tersebut.

"Kalau menyebar di grup Whatsapp dan di atasnya ditulis dari 'kamar sebelah' atau 'viralkanlah', itu pasti hoax. Jadi, jangan percaya dan disebarkan lagi," kata Rudiantara saat pencanangan Gerakan Nasional 1.000 Start Up Digital Pontianak, kemarin.

Menkominfo menjadi pembicara bersama para socioprenuer pada acara tersebut seusai deklarasi masyarakat anti-hoax di Kalimantan Barat.

Pada kesempatan itu, ia juga memaparkan kesiapan jaringan serat optik untuk mendukung layanan komunikasi berbasis data di Tanah Air.

Pemaparannya sempat mengundang tawa para peserta saat dia menolak laser pointer yang ditawarkan panitia.

Rudiantara lebih memilih menggunakan telunjuk yang didekatkannya dengan sorotan proyektor.

Bayangan telunjuknya pun tampil di layar presentasi sebagai penunjuk titik-titik sebaran jaringan komunikasi, menggantikan peran laser pointer. (AR/H-5)

Komentar