Olahraga

Ajang Bulutangkis Indonesia Terbuka Naik Kelas

Ahad, 19 March 2017 20:08 WIB Penulis: Budi Ernanto

ANTARA

FEDERASI Bulutangkis Dunia (BWF) menaikkan status turnamen Indonesia Terbuka menjadi level dua. Peningkatan itu membuat ajang ini sejajar dengan kejuaraan di Inggris dan Tiongkok yang berhadiah US$1 juta (Rp13 miliar).

Keputusan untuk menaikkan status Indonesia Terbuka disepakati rapat Dewan BWF di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (19/3). Selain itu juga diputuskan bahwa turnamen bulutangkis internasional pada 2018-2021 terbagi atas enam level.

"Federasi bulutangkis dunia meluncurkan sebuah stuktur turnamen baru, dengan hadiah jutaan dolar AS dan memiliki puncak empat ajang," demikian pernyataan resmi BWF.

Untuk turnamen level satu merupakan kompetisi paling bergengsi dan menjadi ajang penutup tahun. Hadiahnya pun paling besar yakni US$1,5 juta atau sekitar Rp20 miliar. Namun, tempat pelaksanaannya belum diputuskan.

Untuk turnamen level tiga bakal menyediakan hadiah minimal US$700 ribu dengan tuan rumahnya Tiongkok, Malaysia, Jepang, Denmark, dan Prancis. Selanjutnya adalah tingkat empat dengan hadiah minimal US$350 ribu diselenggarakan di Malaysia, Indonesia (Indonesia Masters), Thailand, Korea, Hongkong, India, dan Singapura.

Tingkat kelima atau Gold Grand Prix yang memiliki hadiah minimal US$150 ribu dan bakal digelar di Thailand, Spanyol, Australia, Selandia baru, Makau, Jerman, Swiss, AS, Korsel, India, dan Taiwan. Ditambah kategori terbuka pada tingkat enam, total ada 37 ajang kejuaraan di dalam kalender BWF. (OL-4)

Komentar