Internasional

Schulz Siap Tantang Angela Merkel

Ahad, 19 March 2017 21:05 WIB Penulis: Deri Dahuri

AP

POLITIKUS kawakan Martin Schulz, 61, resmi menjadi penantang Kanselir Angela Merkel dalam pemilu Jerman yang digelar September mendatang. Ia dengan lantang menyatakan siap menyingkirkan Merkel, tokoh paling berkuasa di dunia, dari kursi jabatannya.

Pria dari Partai Demokrat Sosial (SPD) tersebut mendapat kepercayaan dari partainya yang tengah terpuruk. Schulz akan diajukan sebagai ketua SPD pada kongres partai mendatang. Media Jerman memprediksi Schulz bakal mendapat lebih dari 90% suara dukungan dalam pemilihan ketua SPD, yang dikenal sebagai partai tertua di Jerman.

Dalam pidato di depan para petinggi SPD, Schulz mengatakan berusaha memanfaat momentum untuk mengalahkan Merkel. Beberapa bulan lalu, Merkel dari Partai Uni Demokratik Kristen (CDU) memang masih unggul dalam jajak pendapat.

Saat berbicara pada akhir pekan lalu, seperti dilansir AFP, Schulz mengatakan berharap memenangi suara mayoritas anggota partainya. Hal itu menjadi bekal untuk melawan Merkel.

Schulz telah memutuskan meninggalkan parlemen Eropa dan siap menjadi pemimpin Jerman. Dia mendapat kesempatan memimpin SPD setelah ketua SPD Sigmar Gabriel memintanya sebagai suksesor pada Januari lalu.

"Ini dorongan untuk mengamati dalam beberapa pekan terakhir bahwa masyarakat kembali berharap Partai Sosial Demokrat memiliki sebuah tembakan," ucap Schulz kepada stasiun radio Berlin, RBB, pekan ini. (OL-4)

Komentar