Internasional

Capres Timor Leste Komit Jaga Hubungan dengan RI

Senin, 20 March 2017 06:40 WIB Penulis: PO/Ant/Hym/X-6

Calon presiden Republic Demokratic Timor Leste, Francisco Guterres Lu-Olo -- fretilin.media

PARTAI Fretilin yang mengusung calon presiden Republic Demokratic Timor Leste (RDTL) dalam hajatan pemilu presiden di negara setengah Pulau Timor itu berkomitmen tetap merawat hubungan bilateral dengan Indonesia.

“Khususnya dengan sejumlah daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan darat dan laut dengan Oecusse, salah satu distrik Timor Leste,” kata Arsenio Bano, juru bicara calon presiden Partai Fretilin, Francisco Guterres Lu-Olo, di Oecusse, kemarin.

Menurut dia, komitmen Partai Fretilin yang diemban calon presiden Francisco Guterres Lu-Olo itu sudah menjadi komitmen bersama untuk dilanjutkan, jika terpilih sebagai presiden pada pemungutan suara yang dijadwalkan berlangsung hari ini di bekas provinsi RI tersebut.

Pemilu presiden Timor Leste diikuti delapan kandidat dengan pemilih yang terdata sebanyak 731 ribu pemilih yang tersebar di 944 tempat pemungutan suara di 13 distrik.

Bano mengatakan tetap eratnya hubungan bilateral dua negara, terutama dengan sejumlah daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur itu, akan memberikan dampak baik bagi kehidupan kebersamaan sebagai sebuah tetangga yang baik.

Guterres Lu-Olo berjanji segera memperbaiki kondisi kesehatan warga di Oecusse, wilayah kantong atau enklave, untuk memperkuat mutu hidup warga yang berimpit dengan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dan Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia, itu. Dari kondisi kesehatan yang berlangsung di Oecusse diperoleh data bahwa dalam sehari ternyata terjadi kematian balita antara lima dan 10 orang.

Dari Kota Dili dilaporkan, Lu-Olo dan calon presiden Partai Demokrat Antonio da Conceicao bersaing ketat merebut kursi presiden Timor Leste. Keduanya dinilai sama-sama memiliki basis massa yang cukup besar dan dukungan dari sejumlah partai.

“Melihat dari dukungan massa di Kota Dili dan 13 distrik, ada peluang besar Lu-Olo dan Antonio melaju ke putaran kedua,” kata Valdo Fransisco Morias Soares, warga Kota Dili, akhir pekan lalu. (PO/Ant/Hym/X-6)

Komentar