Internasional

Warga Timor Leste Hari Ini Antusias Pilih Presiden

Senin, 20 March 2017 11:38 WIB Penulis: Palce Amalo

Warga Timor Leste mengantri di sebuah TPS untuk memberikan hak suaranya dalampemilihan presiden di Dili, Senin (20/3)---MI/PALCE AMALO

PULUHAN ribu warga Timor Leste tampak mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) di 13 distrik untuk menyalurkan hak suara mereka dalam pemilihan Presiden Timor Leste periode 2017-2022, Senin (20/3).

Mereka memberika suara di TPS mulai pukul 08.00-15.00 waktu setempat. Sesuai data Comisaun Nacional de Eleisaun (CNE) atau Komisi Pemilihan Nasional Timor Leste, jumlah pemilih tercatat 747.252 orang.

Namun, partisipasi pemilih diprediksi berkurang terkait aturan CNE yang mengharuskan warga memilih di daerah tempat diterbitkannya kartu tanda penduduk.

Calon Presiden Partai yang diusung Partai Fretilin dan CNRT Fransisco Guterres (Lu Olo), memilih di TPS Varol di Kota Dili sekitar pukul 08.10 waktu setempat. Ia datang bersama istri, anak, dan Sekjen Partai Fretilin Mari Alkatiri dengan dikawal aparat keamanan.

Sesuai menyoblos, Lu Olo optimistis pemilu hanya berlangsung satu putaran dan dia akan keluar sebagai pemenang. "Tidak ada ronde kedua, saya yakin menang di ronde pertama," ujarnya kepada wartawan.

Pernyataan Lu Olo berbeda dengan calon presiden yang Partai Demokrat Antonio da Conceicao yang populer dengan nama Kalohan (Awan). Ia datang bersama istri dan pengawal mencoblos di TPS Vila Verde, Kota Dili sekitar pukul 09.00.

Soal hasil, ia menjawab diplomatis. "Saya belum tahu apakah bisa satu putaran atau dua putaran. Semuanya saya serahkan ke rakyat Timor Leste untuk memilih," ujar Antonio.

Terlepas dari itu, banyak pihak meramalkan pemilu bakal berlangsung dua putaran. Lu Olo dan Kalohan dinilai bakal melaju ke putaran kedua yang akan dilangsungkan pada April 2017.

Pemilu Presiden Timor Leste diikuti delapan kandidat. Kandidat lainnya Angela Freitas da Silva dari Partai Trabalhista, Antonio Maher Fatuk Mutin dari Partai Sosialis Timor, dan empat calon independen yakni Amorim Dias, Luis Tilman, Jose Luis Guterres, dan Aniceto das Neves.

Sementara itu suasana Kota Dili sampai pukul 11.00 waktu setempat tetap kondusif. Suasana kota lengang karena seluruh kantor pemerintahan, swasta dan sekolah libur selama selama tiga hari sejak Jumat pekan lalu sampai Selasa (21/3). (X-12)

Komentar