Megapolitan

Sopir Metro Mini di Pasar Minggu Merasa Punya Pesaing Baru

Senin, 20 March 2017 15:15 WIB Penulis: Arga Sumantri/Metrotvnews.com

ANTARA

PT Transjakarta resmi membuka rute baru, Pasar Minggu - Tanah Abang. Rute itu mulai beroperasi hari ini, Senin (20/3).

Tidak semua pihak menyambut baik kebijakan ini. Utamanya, mereka para sopir Metro Mini 640 dengan rute yang sama.

Abdul, misalnya, menilai dengan adanya Transjakarta itu barang tentu jadi pesaingnya yang baru. Apalagi, kata Abdul, tarif nya lebih murah Rp500 ketimbang Metromini.

"Kita Rp4.000, dia (Transjakarta) Rp3.500 kalau engga salah. Ya kita punya saingan baru berarti kan," kata Abdul di Terminal Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (20/3).

Jamal, juga sama. Sembari menyeruput kopi, dia mengeluh soal beroperasinya Transjakarta di Pasar Minggu. Walaupun, menurut Jamal, belum banyak warga yang tahu soal keberadaan bus Transjakarta rute baru itu.

Kalau soal penurunan penumpang, Jamal bilang memang sudah terjadi sejak lama. Dia menuding perusahaan angkutan online jadi penyebabnya.

"Pusing sama setoran mah ya dari dulu. Boleh lah disebut engap-engapan mah cari setoran," keluh Jamal.

Sampai siang ini, Jamal dan Abdul belum merasakan dampak signifikan atas kehadiran Bus Transjakarta Pasar Minggu - Tanah Abang. "Masih kayak kemarin-kemarin," kata Jamal.

Abdul juga Jamal belum punya rencana protes soal keberadaan Transjakarta. Kendati, keduanya tahu keberadaan Transjakarta bakal berdampak pada penumpang mereka.

Pantauan Metrotvnews.com, armada Transjakarta Pasar Minggu - Tanah Abang memang sudah mulai beroperasi hari ini. Pengguna yang menuju Tanah Abang, bisa menggunakan bus Transjakarta di Terminal Pasar Minggu.

Humas PT Transjakarta Wibowo mengatakan, untuk tahap awal, pihaknya menyiapkan 20 armada bus untuk melayani penumpang.

"Bentuknya single bus," kata Wibowo.

Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono menargetkan, untuk tahap awal bisa mengangkut sekitar 5.000 penumpang. Menurut dia, terdapat 32 titik pemberhentian untuk rute Pasar Minggu-Tanah Abang. Sedangkan arah sebaliknya, Tanah Abang-Pasar Minggu, memiliki 31 lokasi yang disinggahi dalam melayani pelanggan. (OL-5)

Komentar