Olahraga

Arena Asian Games sudah 53,95%

Selasa, 21 March 2017 00:30 WIB Penulis:

MI/ PANCA SYURKANI

ASIAN Games Jakarta-Palembang 2018 akan dilaksanakan sekitar 17 bulan lagi.

Segala persiapan pun terus dikebut, terutama pembangunan arena pertandingan.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera), Basuki Hadimuljono, hingga saat ini pembangunan dan renovasi arena Asian Games 2018 berjalan lancar.

Ia bahkan menyebut kemajuan pembangunan dan renovasi semua arena itu sudah mencapai 53,95%.

"Tidak ada kendala, semua sudah on place," ujar Basuki seusai bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk melaporkan kemajuan pengerjaan pembangunan arena Asian Games di Kantor Wapres di Jakarta, Senin (20/3).

Basuki lalu merinci pembangunan arena-arena itu.

Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) sudah mencapai 32,52%, yang terdiri atas tujuh paket pekerjaan, yaitu 14 arena di kompleks sudah mencapai kemajuan pembangunan hingga 32,47% dan dua paket penataan kawasan GBK 37,34%.

Di kompleks Kemayoran, progres fisik mencapai 65,66% dengan rincian dua blok Wisma Atlet mencapai 65,61% dan satu paket penataan kawasan Wisma Atlet 29,97%.

Sementara itu, kompleks Jakabaring sudah mencapai kemajuan hingga 46,89% dengan rincian dua paket Wisma Atlet 98,71% dan dua paket pekerjaan arena 8,78%.

"Jadi, untuk GBK, Kemayoran, dan Jakabaring, semua anggaran yang sudah dikeluarkan atau yang sudah terkontrak itu sekitar Rp5,5 triliun."

Dia bahkan sesumbar pada Juni mendatang sudah ada arena yang selesai dan siap digunakan, sedangkan yang lain menyusul secara bertahap.

"Juni 2017 sudah mulai ada yang diresmikan. Di GBK paling cepat Juni atau Juli 2017 untuk arena, lapangan, dan panahan. Juni tanggal 10 sudah ada yang dimulai. Ada yang Oktober. Semua masih dalam proses," katanya.

Soal pembangunan arena jet ski di Ancol, layar di Ancol, parkir, dan hutan kota di GBK, Basuki juga optimistis bisa menuntaskannya sesuai dengan jadwal.

Di bagian lain, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani berharap Indonesia tidak hanya menyiapkan sarana dan prasarana untuk Asian Games, tetapi juga atlet. Hal itu harus dilakukan untuk meraih prestasi.

"Indonesia menargetkan peringkat delapan hingga sepuluh pada Asian Games 2018. Karena itu, kita harus menyiapkan atlet," kata Puan. (Ant/Mln/R-4)

Komentar