Polkam dan HAM

Jaksa Sebut Nama Fahri, Fadli, Eggi, dan Syahrini

Selasa, 21 March 2017 06:05 WIB Penulis: Nyu/X-6

Mantan Kasubdit Bukti Permulaan Direktorat Penegkan Hukum Ditjen Pajak Handang Soekarno usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK Jakarta, Selasa (14/3). -- ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

NAMA Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Fadli Zon, serta penyanyi Syahrini, disebut dalam persidangan kasus suap.

Mereka terkait dengan kasus perpajakan yang melibatkan Kasubdit Bukti Permulaan, Direktorat Penegakan Hukum, Ditjen Pajak, Kementerian Keuangan, Handang Soekarno dengan terdakwa Country Director PT EK Prima Ekspor Indonesia (EKP), Ramapa­nicker Rajamohanan Nair.

Ketiga nama itu disebut jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Takdir Suhan saat dikonfirmasikan mengena­i tujuan menampilkan nama-nama tersebut dalam persidangan kasus tersebut di Pengadilan Tipikor Jakarta, kemarin.

Penyebutan nama-nama tersebut bermula ketika jaksa Takdir Suhan menunjukkan barang bukti berupa dokumen yang ditemukan dalam tas milik Handang. Dokumen itu berupa nota dinas yang dikirimkan ke Handang tertanggal 4 November 2016. Nota itu dikatakan merupakan pemberitahuan informasi tertulis mengenai jumlah pajak yang tidak atau kurang dibayar atau yang tidak seha­rusnya dibayarkan.

Nota dinas yang ditandata­ngani Handang itu dikatakan untuk kepentingan wajib pajak atas nama Syahrini. “Itu Syahrini yang artis itu,” kata Handang mengonfirmasikan siapa yang dimaksud Syahrini.

Setelah itu, jaksa menunjukkan barang bukti berupa dokumen dan percakapan Whats­app antara Handang dan ajudan Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi, Andreas Se­tiawan. Saat itulah terpampang nama Fadli Zon, Fahri Hamzah, dan Eggi Sudjana. Jaksa KPK lainnya, Ali Fikri, mengatakan akan mendalami nama-nama itu saat Handang diproses di persidangan dan berstatus terdakwa. (Nyu/X-6)

Komentar