Internasional

PBB Soroti Pembangunan Berkelanjutan

Selasa, 21 March 2017 07:55 WIB Penulis: Antara

AFP/ANGELA WEISS

WAKIL Sekretaris Jenderal PBB Amina J. Mohammed menyerukan semua negara untuk meningkatkan upaya-upaya pembangunan yang berkelanjutan dan melibatkan semua pihak. Hal itu dia sampaikan pada saat acara khusus untuk memeringati Hari Kebahagiaan Internasional di
Markas Besar PBB, New York pada Senin (20/3), waktu setempat.

"Kita memerlukan pendekatan yang melibatkan lebih banyak orang, seimbang dan adil bagi pembangunan yang meningkatkan kesinambungan, menghapuskan kemiskinan, mendorong kebahagiaan serta kesejahteraan semua warga," kata Amina.

Menurut Amina semua pemerintah agar mengembang tugas untuk menjamin kondisi minimal bagi kebahagiaan semua warganya, seperti akses ke gizi dan layanan dasar, hak asasi manusia mendasar serta perlindungan sosial. "Mari lah kita ingat bahwa sasaran pembangunan ialah meningkatkan kesejahteraan rakyat tapi tidak dengan mengorbankan segalanya, tidak dengan
mengorbankan lingkungan hidup atau menyingkirkan orang miskin serta kelompok rentan lain," tambah Amina.

Dalam peringatan Hari Kebahagiaan Internasional ini diadakan kegiatan "Small Smurfs Big Goals" untuk mendorong rakyat mengunjungi SmallSmurfsBigGoals.com guna mengetahui bagaimana mereka bisa memberi sumbangan bagi tercapainya Sasaran Pembangunan Berkelanjutan (SDG), dan berbagai informasi, gagasan serta gambar di media sosial.

Pada Juli 2012, Sidang Majelis Umum PBB mengumumkan 20 Maret sebagai Hari Kebahagiaan Internasional, untuk mengakui relevanis kebahagian dan kesejahteraan sebagai sasaran universal dan aspirasi pada kehidupan manusia di seluruh dunia dan pentingnya pengakuan mereka pada sasaran kebijakan masyarakat.(OL-3)

Komentar