Menghafal Alquran Harus Disiplin

Penulis: SURYANI WANDARI mediaanak@mediaindonesia.com Pada: Minggu, 31 Des 2017, 03:01 WIB MI Anak
Menghafal Alquran Harus Disiplin

MI/WANDARI

LANTUNAN ayat suci Alquran itu didengungkan M Alvin Firmansyah dengan merdu. Saat ayahnya, Ustaz Firmansyah, menjelaskan soal Alquran sebagai keberkahan dalam hidup, Alvin sesekali diminta membacakan surat dan ayat tertentu. Keduanya tampil bersama dalam seminar Alquran dan hadis sebagai fondasi agama di Islamic Book Fair di Balairung Universitas Indonesia, Kamis (28/12). Alvin yang juga memperhatikan penjelasan ayahnya segera mengambil mikrofon dan melanjutkan membaca Alquran bersama terjemahannya, hanya mengandalkan hafalan di kepalanya. Ia tak sedikit pun ragu dan salah. Wah kepintarannya patut dicontoh, ya, Sobat Medi. Yuk kita kenalan dengan Alvin!

Hafal 30 juz Alquran
“Sejak umur 5 tahun aku mulai membaca iqra dan juz’amma. Setelah bisa, langsung deh menghafal Alquran, dibimbing ayah,” kata Alvin yang juga pernah ikut dalam ajang kompetisi hafi z cilik di salah satu televisi swasta. Alvin yang kini berusia 15 tahun mengaku setiap harinya tak pantang menyerah menghafal Alquran. Rutin, setelah subuh, di siang hari hingga malam, ia menghafal Alquran. “Awalnya bacaanku lurus-lurus saja, belum ada lagamnya. Namun, saat umur 7 tahun, mulai pakai lagam dan belajar bersama artinya. Itu yang membuat aku cepat menghafal,” kata Alvin yang kini belajar di rumah dan mengambil Kejar Paket B. Kisah-kisah dalam terjemahan Alquran membuatnya kian semangat mengahafal. “Kisah tentang kejadian manusia menjadikan cerminan dan tuntunan hidup.”

Hadiah ke air terjun
Setiap hari, selesai menghafal, Alvin mengaku selalu menyetor hafalannya kepada ibunya, minimal satu halaman sehari. Kedua orangtuanya pun kerap memberikan hadiah jika ia mencapai target tertentu, seperti mengajaknya berjalan-jalan ke air terjun. “Hadiahnya bisa bermacam-macam, biasanya ke air terjun karena hal itu bisa juga membangkitkan rasa syukur pada Allah.”

Jubah dan mahkota buat orangtua
Saat ditanya motivasinya menghafal Alquran, Alvin mengaku ingin menjadi penyelamat kedua orangtuanya di akhirat. “Anak penghafal Alquran akan memberikan jubah dan mahkota yang bersinar kepada orangtuanya di akhirat,” ujar Alvin. Kini Alvin telah menghafal 30 juz dan akan terus mengamalkannya. “Untuk bisa hafal, lakukan tiga hal, yakni murottal atau memfokuskan pada tajwid, murojaah atau membaca berulang-ulang, dan lagam atau irama bacaan,” kata Alvin. (M-1)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More