Belajar Bersama Mobil Iqro

Penulis: Suryani Wandari Pada: Minggu, 07 Jan 2018, 00:46 WIB MI Anak
Belajar Bersama Mobil Iqro

MI/Duta

Masih pagi, tetapi mobil bertuliskan Mobil Iqro itu sudah parkir di depan sekolah Badan Keluarga Balita Pendidikan Usia Dini (BKP PAUD) Matahari, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (29/11), sebelum para siswa datang.

Bagian jendela terbuka lebar ke atas, bagian belakangnya pun terbuka. Bukan untuk membawa penumpang, mobil ini malah dijadikan perpustakaan keliling dengan koleksi buku yang lumayan banyak di dalamnya. Wah, keren, ya, sobat!

Namanya Mobil Iqro, mobil yang dibuat khusus anak dan dewasa lebih dekat dan paham tentang agama Islam. Mau tahu lebih lanjut sobat? Ikuti Medi ya!

Belajar huruf hijaiah

Saat semua siswa sudah berkumpul di sekolah, Suryani Tholib, kepala sekolah BKB PAUD Matahari, mempersilakan anak-anak untuk mengambil buku yang ada di Mobil Iqro. Bersemangat, mereka meraih buku dari rak mobil.

Kak Fikri, tutor Mobil Iqro meraih buku bersampul hitam. Pelajaran membaca Alquran pun dimulai. "Alif, ba, ta, sa, jim, ha, kho...," kata Kak Fiqri sambil menyanyikan huruf hijaiah bersama-sama.

Kak Fiqri pun menjelaskan ciri-ciri setiap bentuk huruf agar mereka hafal.

Koleksi buku

Ya, bukan hanya menyediakan buku, sang tutor turun langsung untuk mengajarkan pelajaran yang berhubungan dengan agama Islam, misalnya, berwudu dan salat. Bahkan mobil ini punya koleksi buku mencapai 1.500, tetapi di bagian belakangnya, terdapat televisi untuk menampilkan film yang berkaitan dengan Islam, seperti kisah teladan nabi dan lainnya. Wah seru ya sobat!

"Anak-anak senang sekali kalau ada Mobil Iqro ada disekolah. Selain bentuknya lucu, mereka bisa menemukan banyak sekali buku. Bahkan orangtua yang mengantarkan, bisa ikut membaca," kata Ibu Suryani.

Mengunjungi sekolah marginal

Pasti sobat medi ingin bertemu Mobil Iqro ini kan? Menurut Kak Fikri, Mobil Iqro memilih tempat yang akan dikunjunginya, target utamanya, sekolah serta tempat marginal yang dekat dengan sungai dan lokasi pembuangan sampah pinggiran kota.

Setiap hari mobil ini beroperasi rutin mengunjungi sekolah-sekolah. Satu sekolah bisa dikunjungi Mobil Iqro ini sekali seminggu selama tiga bulan.

Mobil Pintar

Selain Mobil Iqro, ada mobil istimewa lain yang dimiliki pengusaha pemilik Yayasan CT Corps, Chairul Tanjung, namanya Mobil Pintar yang menyediakan macam-macam buku dan aneka kegiatan belajar, mulai mendongeng, menggambar, hingga prakarya. Mobil Pintar bertujuan mengantarkan ilmu pengetahuan kepada anak-anak, terutama di daerah kurang mampu.

Medi menjumpainya di kawasan Kedaung, tepat di pinggir Kali Angke, Daan Mogot, Jakarta Barat. Di sana, Kak Neneng memulai kegiatan dengan membacakan dongeng menggunakan boneka. Para penontonnya, anak-anak yang tinggal di permukiman padat itu, tertawa bahagia melihat aksi Kak Neneng. Selanjutnya, diputar film Si Unyil.

Film usai diputar, anak-anak berpindah ke buku-buku yang disimpan di mobil. Mereka meraihnya satu per satu dan membacanya. Anak yang belum bisa membaca dibacakan kakak-kakaknya.

Terakhir, Kak Neneng mengajak membuat prakarya menggunakan kertas, lem dan gunting. Semuanya bersemangat dan diperbolehkan membawa pulang karyanya. "Sampai jumpa lagi minggu depan ya!" ujar Kak Neneng yang seperti Mobil Iqro mengunjungi lokasi perkampungan penduduk selama tiga bulan, sebelum berpindah ke lokasi lain.

Tak cuma ada dua mobil itu, ada Mobil Sehat yang tak kalah keren lo! Di sana, ada ruangan praktik dokter, dengan pelayanan kesehatan umum dan gigi cuma-cuma. Ayo, siapa mau jadi pengusaha agar juga bisa berbagi? (M-1)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More