Mamalia Penanda Kesuburan Laut

Penulis: sumber: Mongabay dan LIPI/M-1 Pada: Minggu, 14 Jan 2018, 04:31 WIB MI Anak
Mamalia Penanda Kesuburan Laut

MI/ARVIRIANTY

- Dugong alias duyung punya nama latin Dugong dugon, namun di Indonesia, julukan duyung lebih populer.

- Dugong dewasa memiliki panjang tubuh 2,4-3 meter dengan berat badan mulai 230-908 kg.

- Secara alami, reproduksinya lambat, untuk melahirkan satu anakan, butuh waktu 14 bulan dengan jarak antar kelahiran 2,5-5 tahun.

- Dari anakan untuk tumbuh dewasa perlu waktu 10 tahun, sedangkan usianya bisa mencapai 70 tahun.

- Dugong merupakan satu-satunya mamalia laut herbivora pemakan rumput laut.

- Di Indonesia, dugong tersebar mulai dari ujung Indonesia bagian barat (Aceh) hingga timur Indonesia (Papua). Populasi tertingginya diperkirakan ada di perairan Ekoregion Arafura, kurang dari 200, Ekoregion Papua, kurang dari 100, serta Ekoregion Lesser Sunda, Ekoregion Paparan Sunda, dan Ekoregion Selat Makassar masing-masing kurang dari 100 ekor. Sementara, untuk ekoregion lainnya terpantau dalam populasi yang lebih kecil.

- Sebagai mamalia laut, dugong berperan penting dan nyata bagi suatu ekosistem padang lamun atau ekosistem khas laut dangkal di perairan hangat dengan dasar pasir dan didominasi tumbuhan lamun. Karena, dugong menandakan wilayah perairan subur. Ini disebabkan dugong berandil besar membantu siklus nutrisi di alam.

- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah memasukkan dugong sebagai satu dari 20 spesies prioritas dan dilindungi UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya serta UU No 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

- Secara internasional, dugong juga terdaftar dalam Global Red List of IUCN dengan status Rentan (Vulnerable/VU). Dugong juga masuk Appendix I CITES (The Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) yang berarti, bagian tubuhnya tidak boleh diperdagangkan dalam bentuk apa pun.

- Kendati secara aturan mendapat perlindungan, dugong terancam perburuan atau terjerat jaring nelayan.

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More