Rumah DP Rp0 Sasar Terminal Kampung Rambutan

Penulis: Nicky Aulia Widadio Pada: Jumat, 19 Jan 2018, 18:16 WIB Megapolitan
Rumah DP Rp0 Sasar Terminal Kampung Rambutan

MI/RAMDANI

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta agar Dinas Perhubungan DKI segera membangun kawasan berkonsep transit oriented development (TOD) di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Sebab, ia ingin di kawasan itu juga terdapat hunian dengan konsep tanpa uang muka alias DP (down payment) Rp0.

"Saya beri tugas Pak Kepala Dinas Perhubungan untuk Kampung Rambutan segera dibangun TOD-nya, yang dipimpin oleh Dishub untuk diintegrasikan dengan LRT Kampung Rambutan," kata Sandiaga di Jakarta, Jumat (19/1).

Menurut dia, lahan di area Terminal Kampung Rambutan berkisar 14 hektare. Lahan itu bila dijadikan kawasan TOD berpotensi untuk dibangun hunian dengan konsep DP Rp0.

"Itu bisa jadi rumah DP 0 rupiah yang cukup signifikan," ujar Sandiaga.

Ia meminta Dinas Perhubungan DKI Jakarta bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), maupun pihak swasta lainnya untuk bisa merealisasikan perencanaan pembangunan TOD.

"Paling tidak rencananya bisa dimatangkan satu hingga dua bulan ke depan, dan dipresentasikan untuk diputuskan oleh pimpinan," tambah Sandiaga.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko optimistis ground breaking TOD Kampung Rambutan bisa terlaksana dalam tahun ini. Sebab, secara simultan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memulai komunikasi dengan Kementerian BUMN.

"Tinggak diskusi teknis, pembiayaan seperti apa. Saya kira 2018 sudah bisa ground breaking," ujar Sigit.

Sebelumnya, kata Sigit, PT Adhi Karya selaku kontraktor proyek LRT Bodetabek telah meminta agar nantinya ada konektifitas antara moda LRT di kawasan itu dengan terminal. Namun, Sandiaga justru menginginkan ada integrasi yang lebih maksimal di kawasan itu, agar bisa dimanfaatkan sekaligus sebagai area hunian dan tersambung dengan transportasi berbasis jalan dan rel. (OL-4)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More