Teh Non-kafein untuk Ringankan Gangguan Usus Besar

Penulis: Medcom Pada: Kamis, 25 Jan 2018, 13:30 WIB Kesehatan
Teh Non-kafein untuk Ringankan Gangguan Usus Besar

Ilustrasi

PENDERITA Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau gangguan kronis pada usus besar biasanya cukup waspada terhadap minuman berkafein seperti kopi, teh, atau cokelat.

Kafein dapat menstimulasi saluran pencernaan sehingga memicu pergerakan mendadak dalam usus dalam hitungan menit. Namun, bagi penderita IBS yang tetap ingin menikmati minuman berkafein, berikut adalah beberapa jenis teh yang masih aman di perut saat dikonsumsi.

1. Teh kunyit
Kunyit memiliki banyak manfaat untuk meringankan IBS. Beberap studi menunjukkan bahwa kunyit membantu meringankan gejala IBS. Dilansir dari Womenshealthmag.com, Anda bisa mencoba meneteskan beberapa potong kunyit mentah dalam air panas yang direbus dan biarkan hingga mendidih. Bila tak mau repot, cukup tambahkan setengah sendok teh bubuk kunyit dalam air hangat dan nikmati di pagi hari.

2. Teh lidah buaya
Lidah buaya memiliki kandungan 12 jenis antrakuinon, senyawa fenolik yang memiliki efek pencahar di perut. Nutrisi ini baik untuk mengatasi sembelit. Kikislah lendir lidah buaya dan rebus dalam air sebelum menikmatinya.

3. Teh peppermint
Ada beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa peppermint baik untuk perut. Gejala IBS seperti kembung dapat diredakan dengan minuman satu ini.

4. Teh biji adas dan kunyit
Biji adas memiliki banyak manfaat untuk gangguan perut karena kandungan dalam tanaman ini yang membuat pencernaan lebih baik dalam bekerja. Sebuah studi menunjukkan bahwa kombinasi dari kunyit dan adas membantu mengurangi sakit perut dan gejala lain dari IBS. (OL-8)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More