Kreativitas Lokal semakin Tumbuh

Penulis: FU/Wnd/M-2 Pada: Minggu, 28 Jan 2018, 13:34 WIB Jeda
Kreativitas Lokal semakin Tumbuh

Dipha Barus -- DOK. SUPERMODIFIEDAGENCY

ELECTRONIC dance music (EDM) dan hip hop beberapa tahun terakhir sedang dalam masa kejayaan.

Sejumlah musikus Tanah Air pun mencoba ikut menyisipkan jenis musik itu ke karya-karya mereka sebagai langkah untuk beradaptasi agar lebih mudah diterima masyarakat. Sebut saja Dipha Barus, Soundwave, NDX AKA, Gamelawan (kelompok youtuber asal Lamongan), dan Hazen Mardial.

Kelompok musik NDX AKA yang digawangi Yonanda Frisna Damara, 23, dan Fajar Ari, 24, telah meniti kesuksesan. NDX mampu mengubah kehidupan Nanda dan PJR, panggilan karib Fajar Ari.

"Dulu kami tidak bisa membeli sesuatu, sekarang kami bisa membelinya. Kami sangat bersyukur," kata Nanda kepada Media Indonesia.

NDX juga mengelola distro yang menyediakan merchandise NDX AKA, seperti kaus dan gantungan kunci. Penghasilan konser NDX pun kini terhitung besar. Hitungannya sekarang per 40 menit. Kalau dulu sekali konser, mereka mendapatkan uang sekitar Rp75 ribu. Sekarang mereka bisa mengantongi uang Rp50 juta dalam 40 menit tampil dengan menyuguhkan delapan lagu.

Pengamat musik Budi Ace menyebut EDM tak lagi sekadar musik yang identik dengan dunia malam. Aransemen musik yang dibawakan Via Vallen ataupun NDX juga disebutnya sebagai bentuk musik EDM. "Ritmenya medium sampai up beat, bisa dimasukkan dengan alat musik apa pun, seperti seruling, gendang, ataupun gamelan. Musik ini sangat menghibur, membangkitkan emosi," kata Budi saat dihubungi Media Indonesia, kemarin.

Tidak ada yang aneh dengan campuran alat musik tradisional, justru menjadi unik dan pembeda. Musik itu juga dianggap menjadi sumber keriaan masyarakat dan membangkitkan ekonomi lokal. Selain membangkitkan kreativitas, musik EDM yang dimainkan seorang disjoki terbilang cukup sederhana dalam segi kebutuhan.(FU/Wnd/M-2)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More