5 Tanda Keringat Anda Berlebih

Penulis: Medcom Pada: Senin, 29 Jan 2018, 16:05 WIB Kesehatan
5 Tanda Keringat Anda Berlebih

Ilustrasi

BERKERINGAT adalah sesuatu keadaaan yang sangat umum dialami oleh manusia. Tapi keringat berlebihan adalah kondisi medis yang dikenal sebagai hiperhidrosis (hiperdrosis primer) dan ini bisa sangat mengisolasi dan menyusahkan.

"Ada juga hiperhidrosis sekunder, yang berkeringat berlebihan itu adalah gejala kondisi medis lain atau efek samping dari pengobatan," jelas Angela Ballard, RN, direktur komunikasi, dari International Hyperhidrosis Society.

Hiperhidrosis juga cukup sering terjadi daripada yang mungkin Anda pikirkan. Sebuah artikel 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Dermatological Research memperkirakan prevalensi hiperhidrosis sebanyak 4,8 persen, yang mewakili sekitar 15,3 juta orang di Amerika Serikat. Berikut ini adalah tanda-tanda hiperhidrosis dari Reader's Digest:


Berkeringat lebih banyak dari yang Anda kira

Tanda utama hiperhidrosis adalah Anda berkeringat dengan cara yang ekstrem dan tidak hanya berdasarkan cuaca atau lingkungan. "Anda berkeringat melebihi apa yang tubuh butuhkan untuk mengendalikan suhu atau bereaksi terhadap rangsangan," kata Ballard.

"Bagi banyak orang yang mengalaminya, keringat hiperhidrosis empat sampai lima kali lebih banyak sebagai reaksi terhadap stres, olahraga, atau panas," lanjutnya.

Hiperhidrosis seringkali tidak dapat diprediksi, kata Ballard. Orang yang mengalami hiperhidrosis mungkin lebih sering berkeringat saat cuaca panas, ataupun mungkin juga berkeringat saat di ruangan ber-AC.

Tidak bisa mengendalikan keringat Anda

Area umum dari tubuh yang terkena hiperhidrosis adalah telapak tangan, telapak kaki, ketiak, wajah atau kulit kepala, dan daerah pangkal paha atau pantat. Hal itu bisa terjadi secara konstan, atau datang tiba-tiba tanpa peringatan, kata Ballard. Dalam banyak kasus, keringat berlebihan bisa sampai menetes, membasahi pakaian, atau merusak benda-benda yang ada di tangan.

Menghabiskan banyak waktu dan uang untuk menyembunyikan keringat Anda

Jika Anda menderita hiperhidrosis, Anda mungkin harus menggunakan handuk, kipas angin, pakaian khusus, bantalan, make-up, atau bedak untuk mencoba "menyembunyikan" keringat Anda, kata Ballard. Anda mungkin juga harus mengganti pakaian atau sepatu beberapa kali di siang hari.

Khawatir keringat dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda

Hiperhidrosis dapat mempengaruhi kepercayaan diri atau menyebabkan masalah psikososial seperti rasa takut, cemas, sedih, atau terisolasi. Hal ini dapat menyebabkan seseorang menghindari situasi, mengubah karier, atau kehilangan sebuah peluang karena stigma sosial. Banyak dari mereka mengungkapkan bahwa kondisi mereka mempengaruhi hobi dan mengganggu aktivitas sehari-hari, dan kebanyakan dari mereka melaporkan rasa rendah diri.

Keringat Anda berdampak cukup serius

"Individu dengan hiperhidrosis bisa kehilangan kontrol kemudi di mobil mereka karena tangan yang sangat berkeringat, perawat dengan hiperhidrosis tidak dapat memulai infus atau memberikan suntikan, dan ibu benar-benar telah menjatuhkan bayi mereka atau tidak dapat menahan tangan anak-anak mereka saat mereka menyeberang jalan, "kata Ballard. "Berjalan tanpa alas kaki bisa berbahaya bagi orang-orang dengan kaki yang berkeringat karena kaki basah berkeringat menyebabkan licin dan jatuh." (OL-8)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More