Yamaha Musik Indonesia Gelar Ajang Pencarian Bakat

Penulis: Administrator Pada: Minggu, 28 Jan 2018, 22:12 WIB Hiburan
Yamaha Musik Indonesia Gelar Ajang Pencarian Bakat

Ist

BIBIT-BIBIT musik di Tanah Air mulai bermunculan. Ini terbukti dari ajang yang digelar oleh Yamaha Musik Indonesia. Mereka membuat sebuah ajang pencarian bakat bertajuk Yamaha Magnificent 7. Proses pencarian bakat ini telah berlangsung sejak Oktober 2017.

Dalam Magnificent 7, Yamaha mencoba mengadakan sebuah ajang kompetisi individual untuk kategori gitar, bas, dan drum. Mereka dipilih sebagai pemenang dalam sebuah acara yang digelar di Theater Besar, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Sabtu (27/1).

Para pemenang mendapatkan produk instrumen musik dari Yamaha. Namun bagi pemenang pertama, mereka juga mendapatkan kesempatan emas untuk bisa melakukan kolaborasi dengan Andra Ramadhan dalam sebuah karya singel, dan akan langsung diterbangkan ke Jepang untuk melihat proses produksi pembuatan instrumen musik Yamaha.

Dalam pemilihannya, mereka dipilih dan diseleksi musisi terkenal seperti Andra Ramadhan (Andra & The Backbone), Denny Chasmala, Ronald Steven, dan Rio Alief (Noah/Session Player). Para peserta dicoba keahlian mereka dengan membawakan lagu milik Andra & The Backbone berjudul 3 Keajaiban.

Sebelumnya, mereka juga terlebih dahulu melakukan online audition dan live audition. Online audition diadakan dengan cara merekam video kemampuan peserta bermain alat musik dan diunggah dalam akun YouTube.

Sedangkan untuk live audition, para tim Yamaha Magnificent 7 diketahui berkunjung ke 9 kota besar di Indonesia, yakni Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan. Live audition sendiri dilakukan untuk membantu peserta yang ingin mengikuti ajang ini tetapi tidak memiliki alat bantu rekam, baik video maupun audio.

"Jadi kita melihat tren media sosial yang berkembang dan kita memutuskan untuk mengadakan kompetisi online. Kita membagi menjadi dua bagian, mereka merekam perform sendiri dan men-submitnya ke akun YouTube masing-masing, setelah itu ada live audisi dari November hingga Desember (2017), kita berkunjung dari kota ke kota, sebanyak 9 kota," kata Bhagas Raditya, selaku Marketing Divison PT Yamaha Musik Indonesia Distributor melalui keterangan pers, Minggu (28/1).

"Di sana kita tidak melakukan penjurian, tapi untuk melakukan pengambilan gambar. Kita mencoba memfasilitasi teman-teman yang tidak memiliki kamera perekam dan alat musik seperti drum terutama. Dan dari situ terkumpul 500 video. Dari 500 video kita seleksi menjadi 7 grand finalis dari masing-masing kategori," sambung Bhagas.

Pada grand final Yamaha Magnificent 7, selain ke 21 peserta, empat band tamu juga ikut memeriahkan acara, di antaranya Killing Me Inside feat. AIU, Yamaha Artist Performance (Is eks Payung Teduh, Sadrach Lucas, Denny Chasmala, Ronald Steven, dan Rio Alief), Andra Ramadhan & Friends, dan ditutup oleh penampilan dari NTRL.

Akhirnya dari 21 finalis, ditetapkan masing-masing 3 pemenang untuk satu kategori. Untuk kategori gitar juara 1 adalah Kenny Saputra, kategori bass oleh Angga Arena dan drum disabet oleh Axel, ketiga pemenang utama ini berhak mendapatkan produk Yamaha, jalan-jalan ke Jepang hingga membuat aebuah karya profesional bersama Andra.

Salah satu dewan juri, Ronald Steven, mengatakan bukan perkara yang mudah bagi pihaknya untuk menentukan juara. "Semuanya jago-jago, semoga pilihan kami tak salah," ujarnya sesaat sebelum mengumumkan pememang di atas panggung. (RO/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More