Kopi, Inspirasi Tiada Henti

Penulis: Retno Hemawati Pada: Jumat, 02 Feb 2018, 04:41 WIB BIG CIRCLE
Kopi, Inspirasi Tiada Henti

MI/Usman Iskandar

KOPI bagi sebagian orang sudah menjadi bagian dari gaya hidup karena terdapat banyak filosofi kehidupan di dalamnya yang sarat dengan berbagai pesan dan motivasi.

Para penikmatnya pasti akan merasa kurang lengkap jika dalam sehari saja tidak menikmati secangkir kopi.

Kali ini Big Cirle Episode 44 akan mengulik kopi. Ada dua tamu istimewa, yakni Yuam Roasted Coffee dan Suji Premium Handcrafted.

Yang pertama akan dibahas ialah Yuam Roasted Coffe.

Bermula dari hobi menanam, sosok pemuda bernama Yuri Dulloh, 38, mencoba berinovasi dengan menanam kopi di daerah pesisir.

Hal itu terbilang unik lantaran umumnya kopi ditanam di dataran tinggi atau pegunungan.

Setelah melewati proses trial and error serta banyak riset, Yuri akhirnya menemukan formula agar tanaman kopi dapat tumbuh di wilayah pesisir.

Dalam perjalanannya, lulusan LPK Yogya Design School Jurusan Perhotelan dan Wisata itu menemukan teknik sambung kopi dan mengajarkan kepada petani di daerah Kebumen, Jawa Tengah.

Bahkan, setelah kopi panen dengan biji berwarna merah, hasil panen kopi tersebut dibeli kembali oleh Yuri dengan harga bervariasi dan bergantung pada jenis dan kualitas kopi.

Yuam Roated Coffee merupakan kegiatan menanam kopi hingga menyajikannya kepada konsumen.

Sebagai pegiat, Yuri menggagas satu ekosistem kopi dari hulu hingga hilir yang selain memasarkan kopi, juga membuat inovasi berupa gelas bambu.

Gelas itu dapat digunakan sebagai pengganti mesin espreso untuk UKM yang ingin memulai berbisnis kopi. Yuri juga memberdayakan petani kopi dengan mengajarkan teknik petik, teknik memanen, dan teknik sambung kopi.

Panen kopi oleh petani dibeli dengan harga antara Rp60 ribu dan Rp80 ribu per kilogram.

Bandara

Saat ini Yuam Roasted Coffee telah bekerja sama dengan Angkasa Pura untuk memasok biji dan bubuk kopi di tiga bandara.

Dalam sekali pengiriman, Yuam memasok hingga 15 kilo kopi ke tiga bandara tersebut.

Kerja sama ini akan meluas hingga 15 bandara yang dikelola Angkasa Pura. Pada pertengahan Desember 2017, Yuam akan me-launching Desa Wisata.

Pengunjung akan dapat berkeliling kebun kopi, melihat proses petik kopi, roasting kopi, hingga kopi disajikan ke konsumen.

Yuri bekerja sama dengan warga Magelang. Setelah belajar teknik kopi dari Yuri, warga Magelang tersebut membuka desa wisata di Magelang dan didukung dana CSR dari Angkasa Pura.

Rencana di masa mendatang, Yuri ingin membuka franchise karena banyak yang datang ke rumahnya menawarkan kerja sama. Bahkan tawaran tersebut datang dari warga negara asing.

Selain CEO of Yuam Roasted Coffee Yuri Dulloh, host Andy F Noya bersama Amanda Zevannya selanjutnya berdiskusi bersama para narasumber lain, yakni Stanley Wangsanegara, CEO of Suji Premium Handcrafted.

Semuanya didampingi mentor William Tanuwijaya, CEO of Tokopedia yang akan memberikan banyak insight kepada narasumber.

Selengkapnya, saksikan program Big Circle. Dream big make an impact! dalam episode Kopi, Inspirasi Tiada Henti, Minggu, 4 Februari 2018, pukul 19.05-20.00 WIB hanya di Metro TV.

(H-3)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More