Pertemuan IMF-WB Momen RI Unjuk Gigi

Penulis: Tes/E-2 Pada: Sabtu, 10 Feb 2018, 01:01 WIB Ekonomi
Pertemuan IMF-WB Momen RI Unjuk Gigi

AFP

PERTEMUAN tahunan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia (IMF-WIB) dipastikan tetap dilaksanakan di Bali pada 8-14 Oktober 2018. "Tidak ada diskusi mengenai plan B karena rencananya tetap di Bali," kata Press Secretary External and Corporate Relations Bank Dunia David M Theis dalam pemaparan di Jakarta, kemarin.

Theis mengatakan telah mendapatkan sejumlah update terbaru dari pemerintah mengenai perkembangan Bali sebagai tuan rumah pertemuan tahunan tersebut.

Menurut Theis, pemerintah memastikan telah menyiapkan fasilitas yang memadai untuk acara itu, mulai transportasi hingga akomodasi di Nusa Dua. Untuk itu, ia yakin Bali bisa menjadi tuan rumah yang baik bagi ribuan tamu yang terdiri atas pejabat penting dalam bidang ekonomi, investor, dan kalangan lembaga swadaya masyarakat.

"Tidak ada masalah perimeter keamanan dan fasilitasnya bagus sekali. Berbagai acara seminar dan diskusi terkait dengan kondisi ekonomi bisa tetap berlangsung," kata Theis.

Ia memastikan pertemuan tahunan kali ini bisa menjadi momentum yang bagus bagi Indonesia untuk memaparkan sejumlah keberhasilan dalam bidang ekonomi dalam beberapa tahun terakhir.

Tahun lalu, pertemuan diadakan di Washington, Amerika Serikat. Kala itu, perwakilan pejabat Indonesia yang hadir antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

Terkait dengan potensi terjadinya erupsi Gunung Agung, Theis mengatakan pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah persiapan dan antisipasi sebagai mitigasi krisis.

"Mereka tetap memantau Gunung Agung, tapi memang ini tidak bisa diprediksi. Yang pasti, pemerintah sudah menyiapkan pola geologi maupun aktivitas seismik sebagai upaya pencegahan," jelasnya.

Menurut rencana, sebanyak 13.000 peserta hadir dalam acara ini. Ribuan peserta itu terdiri dari delegasi, staf dari berbagai lembaga nasional dan internasional, instansi swasta, akademisi, dan instansi terkait lainnya. Sebanyak 600 pertemuan diperkirakan akan berlangsung pada salah satu acara terbesar di Indonesia yang juga diadakan untuk mendorong pariwisata.

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Setujukah Anda aparat keamanan untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terorisme di Indonesia?





Berita Populer

Read More